LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 MAKASSAR

Main Author: RAIHAN FADILLAH
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/23632/1/ARTIKEL%20RAIHAN%20FADILLAH%20%28JAK2P%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23632/2/SKRIPSI%20LENGKAP%20RAIHAN%20FADILLAH%20%281643040015%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23632/
ctrlnum 23632
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/23632/</relation><title>LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH&#xD; DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 MAKASSAR</title><creator>RAIHAN FADILLAH</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)</subject><subject>ILMU PENDIDIKAN</subject><description>Raihan Fadillah, 2020. Layanan Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN)&#xD; 1 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Mappincara, M.Pd dan&#xD; Syamsurijal Basri, S.Pd. M.Pd; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu&#xD; Pendidikan Universitas Negeri Makassar.&#xD; Penelitian ini mengkaji tentang Layanan Perpustakaan di Sekolah MAN 1&#xD; Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: proses layanan&#xD; sirkulasi, proses layanan teknis, serta layanan referensi yang digunakan di sekolah&#xD; Madrasah Aliyah Negeri Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif&#xD; dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah&#xD; Negeri (MAN) 1 Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala&#xD; sekolah, Kepala Perpustakaan sekolah, Pegawai Perpustakaan dan Siswa. Teknik&#xD; pengumpulan data berupa wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data&#xD; menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data,&#xD; penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data&#xD; menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan&#xD; yang digunakan di sekolah MAN 1 Makassar sudah mampu dilakukan. Akan&#xD; tetapi masih kurang dilakukan pada ke tiga layanan tersebut yaitu pada layanan&#xD; sirkulasi poin keanggotaan ditemukan bahwa masih banyak siswa yang belum&#xD; terdaftar menjadi anggota perpustakaan, sedangkan pada layanan teknis yaitu&#xD; kurangnya rak buku sehingga buku disimpan ditempat lain, selanjutnya pada&#xD; layanan refrensi petugas perpustakaan tidak memberikan bimbingan langsung&#xD; terhadap siswa, pemberian bimbingan hanya dilakukan oleh guru.&#xD; Kata Kunci: Layanan Perpustakaan, Layanan Sirkulasi, Layanan Teknis,&#xD; Layanan Referensi</description><date>2022-07-04</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23632/1/ARTIKEL%20RAIHAN%20FADILLAH%20%28JAK2P%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23632/2/SKRIPSI%20LENGKAP%20RAIHAN%20FADILLAH%20%281643040015%29.pdf</identifier><identifier> RAIHAN FADILLAH (2022) LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 MAKASSAR. </identifier><recordID>23632</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RAIHAN FADILLAH
title LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 MAKASSAR
publishDate 2022
isbn 281643040015
topic ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
url http://eprints.unm.ac.id/23632/1/ARTIKEL%20RAIHAN%20FADILLAH%20%28JAK2P%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23632/2/SKRIPSI%20LENGKAP%20RAIHAN%20FADILLAH%20%281643040015%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23632/
contents Raihan Fadillah, 2020. Layanan Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Mappincara, M.Pd dan Syamsurijal Basri, S.Pd. M.Pd; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Layanan Perpustakaan di Sekolah MAN 1 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: proses layanan sirkulasi, proses layanan teknis, serta layanan referensi yang digunakan di sekolah Madrasah Aliyah Negeri Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Kepala Perpustakaan sekolah, Pegawai Perpustakaan dan Siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan yang digunakan di sekolah MAN 1 Makassar sudah mampu dilakukan. Akan tetapi masih kurang dilakukan pada ke tiga layanan tersebut yaitu pada layanan sirkulasi poin keanggotaan ditemukan bahwa masih banyak siswa yang belum terdaftar menjadi anggota perpustakaan, sedangkan pada layanan teknis yaitu kurangnya rak buku sehingga buku disimpan ditempat lain, selanjutnya pada layanan refrensi petugas perpustakaan tidak memberikan bimbingan langsung terhadap siswa, pemberian bimbingan hanya dilakukan oleh guru. Kata Kunci: Layanan Perpustakaan, Layanan Sirkulasi, Layanan Teknis, Layanan Referensi
id IOS3399.23632
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:17:37Z
last_indexed 2023-03-04T19:17:37Z
recordtype dc
_version_ 1764483860362428416
score 17.538404