LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 MAKASSAR
Main Author: | RAIHAN FADILLAH |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/23632/1/ARTIKEL%20RAIHAN%20FADILLAH%20%28JAK2P%29.pdf http://eprints.unm.ac.id/23632/2/SKRIPSI%20LENGKAP%20RAIHAN%20FADILLAH%20%281643040015%29.pdf http://eprints.unm.ac.id/23632/ |
ctrlnum |
23632 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/23632/</relation><title>LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 MAKASSAR</title><creator>RAIHAN FADILLAH</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)</subject><subject>ILMU PENDIDIKAN</subject><description>Raihan Fadillah, 2020. Layanan Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN)
1 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Mappincara, M.Pd dan
Syamsurijal Basri, S.Pd. M.Pd; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Penelitian ini mengkaji tentang Layanan Perpustakaan di Sekolah MAN 1
Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: proses layanan
sirkulasi, proses layanan teknis, serta layanan referensi yang digunakan di sekolah
Madrasah Aliyah Negeri Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah
Negeri (MAN) 1 Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala
sekolah, Kepala Perpustakaan sekolah, Pegawai Perpustakaan dan Siswa. Teknik
pengumpulan data berupa wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan
yang digunakan di sekolah MAN 1 Makassar sudah mampu dilakukan. Akan
tetapi masih kurang dilakukan pada ke tiga layanan tersebut yaitu pada layanan
sirkulasi poin keanggotaan ditemukan bahwa masih banyak siswa yang belum
terdaftar menjadi anggota perpustakaan, sedangkan pada layanan teknis yaitu
kurangnya rak buku sehingga buku disimpan ditempat lain, selanjutnya pada
layanan refrensi petugas perpustakaan tidak memberikan bimbingan langsung
terhadap siswa, pemberian bimbingan hanya dilakukan oleh guru.
Kata Kunci: Layanan Perpustakaan, Layanan Sirkulasi, Layanan Teknis,
Layanan Referensi</description><date>2022-07-04</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23632/1/ARTIKEL%20RAIHAN%20FADILLAH%20%28JAK2P%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23632/2/SKRIPSI%20LENGKAP%20RAIHAN%20FADILLAH%20%281643040015%29.pdf</identifier><identifier> RAIHAN FADILLAH (2022) LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 MAKASSAR. </identifier><recordID>23632</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
RAIHAN FADILLAH |
title |
LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 MAKASSAR |
publishDate |
2022 |
isbn |
281643040015 |
topic |
ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
url |
http://eprints.unm.ac.id/23632/1/ARTIKEL%20RAIHAN%20FADILLAH%20%28JAK2P%29.pdf http://eprints.unm.ac.id/23632/2/SKRIPSI%20LENGKAP%20RAIHAN%20FADILLAH%20%281643040015%29.pdf http://eprints.unm.ac.id/23632/ |
contents |
Raihan Fadillah, 2020. Layanan Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN)
1 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Mappincara, M.Pd dan
Syamsurijal Basri, S.Pd. M.Pd; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Penelitian ini mengkaji tentang Layanan Perpustakaan di Sekolah MAN 1
Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: proses layanan
sirkulasi, proses layanan teknis, serta layanan referensi yang digunakan di sekolah
Madrasah Aliyah Negeri Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah
Negeri (MAN) 1 Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala
sekolah, Kepala Perpustakaan sekolah, Pegawai Perpustakaan dan Siswa. Teknik
pengumpulan data berupa wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan
yang digunakan di sekolah MAN 1 Makassar sudah mampu dilakukan. Akan
tetapi masih kurang dilakukan pada ke tiga layanan tersebut yaitu pada layanan
sirkulasi poin keanggotaan ditemukan bahwa masih banyak siswa yang belum
terdaftar menjadi anggota perpustakaan, sedangkan pada layanan teknis yaitu
kurangnya rak buku sehingga buku disimpan ditempat lain, selanjutnya pada
layanan refrensi petugas perpustakaan tidak memberikan bimbingan langsung
terhadap siswa, pemberian bimbingan hanya dilakukan oleh guru.
Kata Kunci: Layanan Perpustakaan, Layanan Sirkulasi, Layanan Teknis,
Layanan Referensi |
id |
IOS3399.23632 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:17:37Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:17:37Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483860362428416 |
score |
17.538404 |