MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH ISLAM TERPADU DI SDIT WAHDAH ISLAMIYAH 01 MAKASSAR

Main Author: MAHMUD
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/23625/1/SKRIPSI_MAHMUD_1743040008%20PDF.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23625/2/AP2_MAHMUD_1743040008.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23625/
Daftar Isi:
  • Mahmud, 2021 Manajemen Kurikulum Sekolah Islam Terpadu di SDIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Arismunandar, M.Pd dan Dr. Andi Nurochmah, M.Pd; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Manajemen Kurikulum Sekolah Islam Terpadu di SDIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melakukan pengumpulan data, reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Dalam perencanaan sekolah menyusun kurikulum berdasarkan kurikulum nasional atau K13 yang di padukan dengan kurikulum khas Wahdah Islamiyah yang di susun oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum serta adanya tim kurikulum sekolah, dan sekolah berusaha memperlihatkan ciri khas dari sekolah (2) Pada pelaksanaan kurikukulum, sekolah mengajarkan mata pelajaran umum dan mata pelajaran khas di setiap kelas, dalam pembelajaran guru berusaha menyisipkan nilai keagamaan pada mata pelajaran umum dan melaksanakan program pengembangan diri peserta didik (ekstrakurikuler) khas sekolah. (3) Pada evaluasi kurikulum, sekolah mengevaluasi kinerja tenaga pendidik dalam melaksanakan kurikulum melalui supervisi dan sekolah menilai hasil belajar peserta didik melalui evaluasi harian, ulangan tengah dan akhir semester sesuai dengan kalender pendidikan. Faktor pendukung manajemen kurikulum di sekolah adalah tim kurikulum sekolah dan kendala yang di hadapi adalah masih kurang efektifnya guru dalam melaksanakan kurikulum. Kata kunci: Manajemen Kurikulum, Kurikulum Islam Terpadu