Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri Kota Makassar

Main Authors: YUSRIANI, YUSRIANI, Arsyad, Muhammad, Arafah, Kaharuddin
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/23573/1/Kesulitan%20Guru%20dalam%20Mengimplementasikan%20Model%20Pembelajaran%20Berba.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23573/2/Hasil%20Telaah%20Kedua%20Pakar.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23573/
http://ojs.unm.ac.id/semnasfisika
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif bertujuan menganalisis kesulitan guru, faktor-faktor penghambat, dan upaya mengatasi kesulitan guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran berbasis proyek di SMAN Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan guru dalam model pembelajaran berbasis proyek yakni, alokasi waktu yang dibutuhkan melampaui jam pelajaran, ketersediaan alat dan bahan terbatas, guru masih asing dengan sintaks model pembelajaran berbasis proyek, dan guru kurang dapat menentukan proyek yang sesuai dengan model pembelajaran berbasis proyek. Adapun faktor-faktor penghambat yakni, membutuhkan biaya yang cukup banyak, guru tidak pernah mendapatkan pelatihan terkait model pembelajaran berbasis proyek, tidak tersedia LKPD berbasis proyek, guru merangkap jabatan, administrasi guru banyak, peserta didik tidak mandiri, dan penilaian menghabiskan banyak waktu. Upaya mengatasi kesulitan guru yakni, pengerjaan proyek yang belum rampung di sekolah dilanjutkan di rumah, guru harus kreatif dan inovatif memanfaatkan sumber daya, pemanfaatan TIK untuk monitoring, merancang LKPD berbasis proyek, pemanfaatan TIK untuk penilaian, dan pemberian tambahan alokasi waktu. Kata kunci: Kesulitan Guru, Pembelajaran Berbasis Proyek, Fisika.