PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

Main Author: RIRIN DIWASARI
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/23494/1/SKRIPSI%201643041004-%20RIRIN%20DIWASARI%20-%20Pengaruh%20Supervisi%20Akademik%20Kepala%20Sekolah%20Terhdap%20Kinerja%20Guru%20SMP%20Negeri%20di%20Kecamatan%20Tamalate.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23494/
Daftar Isi:
  • Ririn Diwasari, 2020. Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. M. Bachtiar M.Pd, dan Syamsurijal Basri, S.Pd., M.Pd; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Rumusan masalahnya yaitu (1) Bagaimana Supervisi akademik Kepala Sekolah di SMP Negeri Se-Kecematan Tamalate Kota Makassar, (2) Bagaimana Kinerja Guru di SMP Negeri Se-Kecematan Tamalate Kota Makassar, (3) Apakah ada pengaruh antara Supervisi akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Se-Kecematan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran Supervisi akademik Kepala Sekolah di SMP Negeri Se-Kecematan Tamalate Kota Makassar, (2) Untuk mengetahui gambaran Kinerja Guru di SMP Negeri SeKecematan Tamalate Kota Makassar, (3) Untuk mengetahui pengaruh antara Supervisi akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri SeKecematan Tamalate Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu, kuantitatif dengan Jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Tamalate Kota Makassar yang berjumlah 278 guru. Teknik penentuan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 72 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan analisis Statistik Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran kegiatan supervisi akademik kepala sekolah di SMP Negeri Se-Kecamatan Tamalate Kota Makassar cenderung sangat efektif, (2) Gambaran kinerja guru di SMP Negeri SeKecamatan Tamalate Kota Makassar cenderung sangat efektif, (3) Terdapat pengaruh yang cenderung signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Tamalate Kota Makassar dengan nilai t hitung sebesar 4,482 > t 0.235. Kata kunci: Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kinerja Guru.