IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DALAM PERSPEKTIF BUDAYA SEKOLAH DI SMA NEGERI 11 PANGKEP
Main Author: | SRI RAHAYUH |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/23451/1/SRI%20RAHAYU_1543041028.doc http://eprints.unm.ac.id/23451/ |
Daftar Isi:
- Sri Rahayuh, 2019. Implementasi Full Day School Dalam Perspektif Budaya Sekolah di SMA Negeri 11 Pangkep. Skripsi dibimbing oleh Dr. Ed. Faridah, S.T., MSc dan Andi Wahed S.Pd. M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengkaji tentang implementasi full day school dalam perspektif budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi full day school dalam perspektif budaya sekolah di SMA Negeri 11 Pangkep dengan melihat dari sudut (1) intervensi struktural (2) intervensi kultural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data peneliti meliputi kepala sekolah, wakasek kurikulum, wakasek kesiswaan, guru, pembina ekstrakurikuler, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis yang digunakan yaitu kondensasi, pemaparan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Full Day School Dalam Perspektif Budaya Sekolah di SMA Negeri 11 Pangkep dari sudut: 1) intervensi struktural yang meliputi kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan kegiatan keteladanan. 2) intervensi kultural yang di dalamnya mencakup kegiatan-kegiatan yang mencerminkan nilai religius, nilai nasionalis, nilai mandiri, nilai integritas, dan nilai gotong royong.