MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 3 PAPALANG KABUPATEN MAMUJU
Main Author: | WAHYUDIANTO |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/23438/1/SKRIPSI%20WAHYUDIANTO_1543040011.pdf http://eprints.unm.ac.id/23438/ |
ctrlnum |
23438 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/23438/</relation><title>MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI
KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 3 PAPALANG
KABUPATEN MAMUJU</title><creator>WAHYUDIANTO</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)</subject><description>Wahyudianto, 2019. Manajemen Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum
2013 di SMP Negeri 3 Papalang Kabupaten Mamuju. Skn'psi dibimbing oleh
Bapak Dr. H. Ansar, M.Si. dan Ibu Dr. Ratmawati T, M.Pd._Jurusan Administrasi
Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Penelitian ini mengkaji tentang Manajemen Pembelajaran Dalam Implementasi
Kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Papalang Kabupaten Mamuju. Fokus penelitian
ialah mengungkapkan manajemen pembelajaran dalam implementasi kurikulum
2013. Pendekatan dalam penelitian yaitu pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi,
sumber data penelitian ini ialah kepala sekolah dan Guru dan analisis data dengan
menggunakan model Miles and Huberman. Aktualisasi penerapan kun'kulum
2013 mewujud dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran berbasis kun'kulum 2013 di SMP Negeri 3
Papalang dilakukan dengan mengakaji silabus, kemudian menyusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu dengan merumuskan kompetensi inti yang
kemudian diuraikan kedalam kompetensi dasar dan diuraikan lagi ke Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK), menentukan tujuan pembelajaran,
mengembangkan kegiatan pembelajaran, menentukan metode pembelajaran,
menentukan alokasi waktu, dan menentukan sumber belajar. Dalam
mengembangkan RPP guru tidak lagi hanya berpatokan pada silabus tetapi guru
dapat menggunakan buku pegangan yang didapatkan dan" pemerintah. (2) dalam
pelaksanaan pembelajaran guru berusaha mengikuti prosedur dan pedoman
menjalankan kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik dan
menggunakan metode pembelajaran yang beragam dalam setiap pembelajaran
agar tercapai ketiga aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap dengan
mengacu pada RPP yang telah dibuat. (3) Evaluasi pembelajaran berbasis
kun'kulum 2013 di SMP Negeri 3 Papalang dilakukan dengan beberapa tahapan
yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengolahan hasil, tahap tindak
lanjut. Sedangkan penilain hasil belajar didasarkan pada ketiga aspek yaitu
pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dilakukan pada saat proses belajar
mengajar. Dalam penilaian sikap lebih ditekankan pada guru mata pelajaran PKN
dan PAI. Dikutikulum 2013 ini aspek sikap menjadi penilaian utama bagi guru
untuk menilai siswa apakah lulus atau tidak. Kemudian, bagi siswa yang tidak
mencapai standar nilai yang ditentukan maka akan dilakukan remedial yang
disesuaikan dengan kemampuan siswa tersebut.</description><date>2022-06-22</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23438/1/SKRIPSI%20WAHYUDIANTO_1543040011.pdf</identifier><identifier> WAHYUDIANTO (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 3 PAPALANG KABUPATEN MAMUJU. </identifier><recordID>23438</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
WAHYUDIANTO |
title |
MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI
KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 3 PAPALANG
KABUPATEN MAMUJU |
publishDate |
2022 |
isbn |
9781543040012 |
topic |
ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) |
url |
http://eprints.unm.ac.id/23438/1/SKRIPSI%20WAHYUDIANTO_1543040011.pdf http://eprints.unm.ac.id/23438/ |
contents |
Wahyudianto, 2019. Manajemen Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum
2013 di SMP Negeri 3 Papalang Kabupaten Mamuju. Skn'psi dibimbing oleh
Bapak Dr. H. Ansar, M.Si. dan Ibu Dr. Ratmawati T, M.Pd._Jurusan Administrasi
Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Penelitian ini mengkaji tentang Manajemen Pembelajaran Dalam Implementasi
Kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Papalang Kabupaten Mamuju. Fokus penelitian
ialah mengungkapkan manajemen pembelajaran dalam implementasi kurikulum
2013. Pendekatan dalam penelitian yaitu pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi,
sumber data penelitian ini ialah kepala sekolah dan Guru dan analisis data dengan
menggunakan model Miles and Huberman. Aktualisasi penerapan kun'kulum
2013 mewujud dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran berbasis kun'kulum 2013 di SMP Negeri 3
Papalang dilakukan dengan mengakaji silabus, kemudian menyusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu dengan merumuskan kompetensi inti yang
kemudian diuraikan kedalam kompetensi dasar dan diuraikan lagi ke Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK), menentukan tujuan pembelajaran,
mengembangkan kegiatan pembelajaran, menentukan metode pembelajaran,
menentukan alokasi waktu, dan menentukan sumber belajar. Dalam
mengembangkan RPP guru tidak lagi hanya berpatokan pada silabus tetapi guru
dapat menggunakan buku pegangan yang didapatkan dan" pemerintah. (2) dalam
pelaksanaan pembelajaran guru berusaha mengikuti prosedur dan pedoman
menjalankan kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik dan
menggunakan metode pembelajaran yang beragam dalam setiap pembelajaran
agar tercapai ketiga aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap dengan
mengacu pada RPP yang telah dibuat. (3) Evaluasi pembelajaran berbasis
kun'kulum 2013 di SMP Negeri 3 Papalang dilakukan dengan beberapa tahapan
yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengolahan hasil, tahap tindak
lanjut. Sedangkan penilain hasil belajar didasarkan pada ketiga aspek yaitu
pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dilakukan pada saat proses belajar
mengajar. Dalam penilaian sikap lebih ditekankan pada guru mata pelajaran PKN
dan PAI. Dikutikulum 2013 ini aspek sikap menjadi penilaian utama bagi guru
untuk menilai siswa apakah lulus atau tidak. Kemudian, bagi siswa yang tidak
mencapai standar nilai yang ditentukan maka akan dilakukan remedial yang
disesuaikan dengan kemampuan siswa tersebut. |
id |
IOS3399.23438 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:17:34Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:17:34Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483859608502272 |
score |
17.538404 |