PERSEPSI GURU TERHADAP KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 13 MAKASSAR

Main Author: ISRAFAL ISMAIL
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/23434/1/Israfal%20ismail.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23434/
Daftar Isi:
  • Israfal Ismail, 2019, Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah Di SMP Negeri 13 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Ansar, M.Si dan Dr. Ratmawati T, M.Pd; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimanakah gambaran kepemimpinan instruksional kepala sekolah di SMP Negeri 13 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: gambaran deskriptif kepemimpinan instruksional kepala sekolah di SMP Negeri 13 Makassar; Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SMP Negeri 13 Makassar yang berjumlah 57 guru namun yang bersedia menjadi populasi hanya sebanyak 43 guru yang dipilih oleh kepala sekolah. instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala likert yang memiliki 4 alternatif jawaban, terdiri atas 17 butir. Instrumen penelitian diuji menggunakan model Professional judgement. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik Professional Judgement. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) persepsi guru laki-laki terhadap kepemimpinan instruksional kepala sekolah SMP Negeri 13 Makassar menurut sebagian guru (81,8%) termasuk dalam kategori sangat tinggi, sedangkan yang lainnya berada pada kategori rendah (18,2%) dan kepemimpinan instruksional kepala sekolah SMP Negeri 13 Makassar lebih berperan aktif dalam membangun iklim pembelajaran yang positif berdasarkan perolehan skor penilaian sebesar 299; kemudian, (2) persepsi guru perempuan terhadap kepemimpinan instruksional kepala sekolah SMP Negeri 13 Makassar menurut sebagian guru (90,6%) termasuk dalam kategori sangat tinggi, sedangkan yang lainnya berada pada kategori tinggi dan sedang (9,4%) dan kepemimpinan instruksional kepala sekolah SMP Negeri 13 Makassar lebih berperan aktif dalam membangun iklim pembelajaran yang positif berdasarkan perolehan skor penilaian sebesar 873; kemudian, (3) persepsi guru masa kerjanya lebih 19 tahun terhadap kepemimpinan instruksional kepala sekolah SMP Negeri 13 Makassar menurut sebagian guru (94,7%) termasuk dalam kategori sangat tinggi, sedangkan yang lainnya berada pada kategori tinggi (5,3%) dan kepemimpinan instruksional kepala sekolah SMP Negeri 13 Makassar lebih berperan aktif dalam membangun iklpembelajaran yang positif berdasarkan perolehan skor penilaian sebesar 525kemudian, (4) persepsi guru masa kerjanya kurang 19 tahun terhadkepemimpinan instruksional kepala sekolah SMP Negeri 13 Makassar menurutsebagian guru (83,3%) termasuk dalam kategori sangat tinggi, sedangkan yalainnya berada pada kategori tinggi dan sedang (16,7%) dan kepemimpinainstruksional kepala sekolah SMP Negeri 13 Makassar lebih berperan aktif dalmembangun iklim pembelajaran yang positif berdasarkan perolehan skor penilasebesar 647.