Daftar Isi:
  • Haeruddin, 2016. Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kabupaten Gowa. Skripsi dibimbing oleh Drs. M. Bachtiar, M. SI dan Drs. Andi Mappincara, M. Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Madrash Aliyah Muhammadiyah Limbung Kabupaten Gowa. Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah gambaran kepemimpinan visioner Kepala Sekolah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung Kabupaten Gowa? Berdasarkan fokus penelitian tersebut, selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepemimpinan visioner Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan yang menjadi unit analisis dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Madrasah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kepala sekolah Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung mempunyai visi yang aktraktif yaitu visi jelas dengan membuat tujuan, rencana dan sasaran visinya sesuai dengan keadaan dan kondisi sekolah. Dengan memiliki rencana yang telah disusun secara sistematis, Kepala Sekolah dapat mempertimbangkan kegiatan dengan mengsingkronkan visi yang ada sehingga kegiatan tersebut dapat dilaksanakan, dipraktekkan dan dikelola secara penuh oleh Kepala Sekolah. Kepala Madrasah/Sekolah melaksanakan berbagai kegiatan yang inovatif yang dapat meningkatkan kemajuan sekolah. Kepala Sekolah terlibat langsung membantu rekan kerja sehingga Kepala Sekolah dapat sekaligus mengawasi kinerja rekan guru dan mengevaluasinya. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung Kabupaten Gowa termasuk dalam kategori pemimpin yang visioner.