Daftar Isi:
  • Ismawati M. 2016. Deskripsi Pelayanan Perpustakaan dalam Menunjang Proses Belajar Mengajar Siswa di SMP Negeri 4 Makassar. Penyusunan skripsi dibimbing oleh Prof. Dr. Ismail Tolla, M.Pd. dan Dr. Ansar, M.Si. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pelayanan perpustakaan dalam menunjang proses belajar mengajar siswa di SMP Negeri 4 Makassar. Fokus penelitian ini bagaimana pelayanan langsung dan tidak langsung yang diterapkan di SMP Negeri 4 Makassar serta faktor yang mendukung dan menghambat pelayanan di perpustakaan ? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, tenaga pustakawan, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelayanan langsung yang diterapkan di SMP Negeri 4 Makassar yang meliputi pelayanan peminjaman buku, pelayanan referns atau informasi serta pelayanan bimbingan kepada pembaca dilaksanakan sesuai dengan standar pelayanan perpustakaan serta mengikuti prosedur-prosedur pelayanan perpustakaan pada umumnya sehingga pelayanan yang diberikan dapat membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar sedangkan pelayanan tidak langsung yang meliputi kerjasama dan pembinaan minat baca serta program kegiatan dilaksanakan dengan seoptimal mungkin dengan ditunjang oleh faktor pendukung yang meliputi keprofesionalan tenaga pustakawa, pelaksanaan program dan kondisi lingkungan yang kondusif, kemudian untuk faktor penghambat yang terjadi ditangani dengan sebaik mungkin. Keseluruhan pelaksanaan pelayanan didasari atas standar pelayanan minimal perpustakaan dan aturan yang berlaku serta memperhatikan kriteria perpustakaan ideal, sehingga pelayanan perpustakaan SMP Negeri 4 Makassar dalam menunjang proses belajar mengajar dapat dikatakan berjalan dengan cukup baik.