KUALITAS PELAYANAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) DI KANTOR SATLANTAS POLRES BULUKUMBA KABUPATEN BULUKUMBA

Main Author: Priatna, Ryan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/23239/1/jurnal%20ryan.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23239/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan pengurusan surat izin mengemudi di Satlantas Polres Bulukumba Kabupaten Bulukumba. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentas. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasi penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pengurusan surat izin mengemudi di Satlatas Polres Bulukumba Kabupaten Bulukumba sudah baik, dilihat dari 10 indikator, yakni bukti fisik, kehandalan, daya tangkap, kompetensi, kesopanan, kredibilitas, keamanan, komunikasi, akses, dan kemampuan memahami pelanggan. Meskipun 3 indikator belum berjalan dengan baik yaitu yang pertama bukti fisik dimana sarana dan prasarananya masih kurang baik seperti kurangnya kursi yang membuat masyarakat tidak mendapatkan tempat duduk dan minimnya ruang foto dan ruang tunggu, keduaakses dalam proses pengurusan SIM rata-rata masyarakat atau pemohon SIM kurang memahami prosedurnya dan kurang mengetahui program SIM keliling untuk memudahkan pengurusan perpanjangan SIM dan yang ketigakemampuan memahami pelanggan pelayanan tidak merata, masih membeda-bedakan antara status dan golongan. Segala bentuk prosedur sebaiknya dijalankan agar masyarakat paham akan pelaksanaan dan tatacara dalam pengurusan SIM Kata Kunci:Kualitas Pelayanan, Surat Izin Mengemudi (SIM)