KEPEMIMPINAN GURU DALAM PEMBELAJARAN (STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-FITYAN) KABUPATEN GOWA

Main Author: NURAINI NINGSIH
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/23087/1/2.%20SAMPUL%20DEPAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/23087/2/Abstrak%20dll.doc
http://eprints.unm.ac.id/23087/3/BAB%20I%20Pemimpnan.doc
http://eprints.unm.ac.id/23087/4/DAFTAR%20PUSTAKA.doc
http://eprints.unm.ac.id/23087/
Daftar Isi:
  • NURAINI NINGSIH. 2015. Skripsi. Kepemimpinan Guru dalam Pembelajaran (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Fityan) Kabupaten Gowa. Dibimbing oleh Dr. Ratmawati. T, M.Pd dan Drs. Andi Mappincara, M.Pd Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah pelaksanaan kepemimpinan guru dalam pembelajaran di SDIT Al-Fityan Kab. Gowa. Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan kepemimpinan guru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Fityan Kabupaten Gowa?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kepemimpinan guru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Fityan Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 4 orang yang terdiri dari 1 kepala sekolah dan 3 orang guru. Alat pengumpulan data dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisi data deskriptiif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan pembelajaran guru di SDIT Al-Fityan Kab. Gowa berjalan dengan efektif. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan guru dalam pembelajaran yang ditunjukkan dengan indikator penetapan standar kompetensi perubahan tingkah laku siswa, pemilihan sistem pendekatan pembelajaran, penetapan prosedur dan metode pembelajaran, dan penetapan norma dan kriteria keberhasilan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik oleh guru SDIT Al Fityan Kabupaten Gowa.