KINERJA KOMITE SEKOLAH SEBAGAI PENGONTROL DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA

Main Author: ASBULLAH
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/23078/1/HALAMAN%20PERTAMA%20SKRIPSI.docx
http://eprints.unm.ac.id/23078/2/komite%20sekolah%20sbg%20badan%20pengontrol%20revisi.rtf
http://eprints.unm.ac.id/23078/3/RIWAYAT%20HIDUP.doc
http://eprints.unm.ac.id/23078/
Daftar Isi:
  • Asbullah. 2012. Kinerja Komite Sekolah sebagai Pengontrol dalam Penyelenggaraan Pendidikan di SMA Negeri 1 Masamba Kabupaten Luwu Utara. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Mappincara, M. Pd. dan Dra. A. Cudai Nur, M. Si.; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kinerja komite sekolah sebagai pengontrol dalam penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 1 Masamba Kabupaten Luwu Utara. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu bagaimanakah kinerja komite sekolah sebagai pengontrol dalam penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 1 Masamba Kabupaten Luwu Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja komite sekolah sebagai pengontrol di sekolah tersebut. Subjek penelitian ini yaitu seluruh pengurus komite sekolah serta kepala SMA Negeri 1 Masamba. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja komite sekolah sebagai pengontrol dalam penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 1 Masamba Kabupaten Luwu Utara dilaksanakan sesuai dengan fungsi-fungsi kontrol di sekolah, secara kontinu mengontrol perencanaan sekolah, pelaksanaan program sekolah, serta memantau output pendidikan. Melalui pemantauan yang dilakukan, komite sekolah menyampaikan laporan-laporan tertentu kepada pihak sekolah apabila terdapat kendala dan bersama-sama sekolah mencari jalan keluar yang terbaik. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa kinerja komite sekolah sebagai pengontrol terhadap penyelenggaraan pendidikan sudah maksimal meskipun masih ada hal-hal yang perlu ditingkatkan. Hal tersebut disebabkan oleh upaya optimal anggota komite sekolah dalam menjalankan kinerjanya melalui koordinasi dengan pihak sekolah, orang tua siswa, serta pihak-pihak terkait dalam rangka meningkatkan efektivitas penyelenggaraan pendidikan.