PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMKN 1 TOMONI KECAMATAN TOMONI KABUPATEN LUWU TIMUR

Main Author: FITRIAH
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/23040/1/lampiran%20depan%281%29%281%29.docx
http://eprints.unm.ac.id/23040/2/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/23040/3/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://eprints.unm.ac.id/23040/4/DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.docx
http://eprints.unm.ac.id/23040/
Daftar Isi:
  • Fitriah.2015, Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMKN 1 Tomoni Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur. Skripsi dibimbing oleh Dr. Ratmawati T, M.Pd dan Prof. Dr. H. Arismunandar M.Pd Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMKN 1 Tomoni Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di SMKN 1 Tomoni? (2) Bagaimanakah gambaran kinerja guru di SMKN 1 Tomoni? (3) Apakah ada pengaruh pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMKN 1 Tomoni?. Penelitian ini bertujuan, (1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran pelaksanaan supervisi akademik kepala Sekolah di SMKN 1 Tomoni. (2) . Untuk mengetahui bagaimana gambaran kinerja guru di SMKN 1 Tomoni. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pelaksanaan supervisi akademik kepala Sekolah terhadap kinerja guru di SMKN 1 Tomoni. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Selanjutnya yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pada SMKN 1 Tomoni di Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur yang berjumlah 39 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini melalui teknik angket dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan menyesuaikan persentase dan regresi sederhana, selanjutnya diolah dengan SPSS (Statistical Program For Social Science). Berdasarkan hasil olah data maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di SMKN 1 Tomoni Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur berada pada kategori sangat baik sedangkan kinerja guru di SMKN 1 Tomoni kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur berada dalam kategori baik dalam proses pembelajaran dan terdapat pengaruh yang sangat positif terhadap supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMKN 1 Tomoni Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur.