MANAJEMEN KURIKULUM PADA SMP NEGERI 6 LABAKKANG LABSCHOOL UNM

Main Author: ARYA MURIKA SYAH
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/23019/1/SAMPUL.docx
http://eprints.unm.ac.id/23019/2/BAB%20I-V%20MANAJEMEN%20KURIKULUM%20ARYA.docx
http://eprints.unm.ac.id/23019/
Daftar Isi:
  • Arya Murika Syah, 2015. Manajemen Kurikulum pada SMP Negeri 6 Labakkang Labschool UNM. Skripsi ini di bimbing oleh Prof. Dr Arismunandar M.Pd dan Dr. Ed. Faridah, ST, M.Sc. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Manajemen Kurikulum pada SMP Negeri 6 Labakkang Labschool UNM. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk manajemen kurikulum pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Labakkang Labschool UNM Kab. Pangkep. Hal tersebut mengenai beberapa hal Yaitu, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu berusaha menggambarkan fenomena yang diteliti dalam bentuk deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kurikulum SMP Negeri 6 Labakkang Labschool UNM mengikuti Kurikulum Nasional pada umumnya yaitu kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan ciri khas sekolah yang terbagi atas tiga hal yaitu berbasis Alam, Teknologi Informasi dan Bahasa Asing dalam hal ini adalah Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar setiap pembelajaran, (i) Perencanaan kurikulum dijalankan dengan melibatkan seluruh masyarakat sekolah yang ada dalam merumuskan tujuan kurikulum serta rancangan strategi pembelajaran yang baik dengan bentuk pengembangan yang melekatkan ciri khas kurikulum sekolah yaitu berbasis Alam, teknologi Informasi dan Bahasa Asing dalam hal ini bahasa Inggris sebagai Bahasa Pengantar setiap pelajaran. (ii) Pengorganisasian kurikulum dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan yang berhubungan dengan tujuan pendidikan, bertalian dengan karakter siswa dalam proses pendidikan yang dijalankan sekolah. (iii) Pelaksanaan kurikulum sesuai dengan tujuan yang ada dengan berbagai pengembangan dalam proses pelaksanaan kurikulum mulai dari pengembangan kurikulum dalam tingkat sekolah, kelas sampai pada bagaimana guru berperan aktif dalam pelaksanaan kurikulum. (iv) Evaluasi kurikulum dikembangkan dengan menambahkan beberapa kritria penilaian yang dilakukan oleh pihak guru dan sekolah criteria tersebut diantaranya bagaimana perlakukan siswa terhadap alam sekitar mereka dan bagaimana siswa memamfaatkan Teknologi Informasi dalam proses pendidikan.