STUDI TENTANG KINERJA GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI MTsN 151 SINJAI BORONG KABUPATEN SINJAI

Main Author: JUMRIANI
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/23012/1/SKRIPSI%20sampul.docx
http://eprints.unm.ac.id/23012/2/1.%20BAB%20I-III.docx
http://eprints.unm.ac.id/23012/3/4.%20DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.docx
http://eprints.unm.ac.id/23012/
ctrlnum 23012
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/23012/</relation><title>STUDI TENTANG KINERJA GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI MTsN 151 SINJAI BORONG KABUPATEN SINJAI</title><creator>JUMRIANI</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)</subject><description>Jumriani, 2015. Kinerja Guru Bersertifikat Pendidik di MTsN 151 Sinjai Borong Kabupaten Sinjai. Skripsi dibimbing oleh Dra.Nirmala S.Pd.M.Si dan Prof. Suparlan Suhartono, M.Ed., Ph.D Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.&#xD; Penelitian ini mengkaji tentang kinerja guru bersertifikat pendidik di MTsN 151 Sinjai Borong Kabupaten Sinjai. Fokus penelitian ini adalah bagaimana kinerja guru bersertifikat pendidik (sertifikasi) di MTsN 151 Sinjai Borong Kabupaten Sinjai dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran? berdasarkan fokus penelitian tersebut. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kinerja guru bersertifikat pendidik pada MTsN 151 Sinjai Borong Kabupaten Sinjai dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu berusaha $menggambarkan fenomena yang diteliti dalam bentuk deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru yang telah lulus sertifikasi. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan pembelajaran, sebagian besar dari keseluruhan guru yang telah lulus sertifikasi di MTsN 151 Sinjai Borong mampu menyusun RPP sesuai dengan silabus yang mereka jadikan acuan atau rujukan sebagai pedoman penyusunan RPP yang disusun berdasar kurikulum yang di laksanakan oleh sekolah tersebut, meskipun dari pengamatan atau observasi masih ada guru yang belum mampu melakukannya dengan sempurna (2) Pelaksanaan pembelajaran, kegiatan ini merupakan kegiatan inti dari proses pembelajaran disekolah, guru yang telah mendapatkan sertifikat pendidik sebagai tenaga pendidik professional di sekolah tersebut telah menjalankan proses pembelajaran sesuai dengan ketentuan, karna rata-rata guru yang bersertifikat pendidikan telah menerapkan sebagaian besar indikator dari pelaksanaan pembelajaran seperti guru mampu menyiapkan dan mnerapkan bahan ajar atau sumber belajar, metode tekhnik mengajar yang baik kemudian strategi pembelajaran yang di lakukan juga berfariasi. (3) Evaluasi atau penilaian pembelajaran, untuk evaluasi dan penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru bersertifikat pendidik di MTsN 151 Sinjai Borong mereka melakukan dengan sistematis untuk memberikan penilaian terhadap siswanya</description><date>2022-04-18</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23012/1/SKRIPSI%20sampul.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23012/2/1.%20BAB%20I-III.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23012/3/4.%20DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.docx</identifier><identifier> JUMRIANI (2022) STUDI TENTANG KINERJA GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI MTsN 151 SINJAI BORONG KABUPATEN SINJAI. </identifier><recordID>23012</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author JUMRIANI
title STUDI TENTANG KINERJA GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI MTsN 151 SINJAI BORONG KABUPATEN SINJAI
publishDate 2022
topic ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
url http://eprints.unm.ac.id/23012/1/SKRIPSI%20sampul.docx
http://eprints.unm.ac.id/23012/2/1.%20BAB%20I-III.docx
http://eprints.unm.ac.id/23012/3/4.%20DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.docx
http://eprints.unm.ac.id/23012/
contents Jumriani, 2015. Kinerja Guru Bersertifikat Pendidik di MTsN 151 Sinjai Borong Kabupaten Sinjai. Skripsi dibimbing oleh Dra.Nirmala S.Pd.M.Si dan Prof. Suparlan Suhartono, M.Ed., Ph.D Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kinerja guru bersertifikat pendidik di MTsN 151 Sinjai Borong Kabupaten Sinjai. Fokus penelitian ini adalah bagaimana kinerja guru bersertifikat pendidik (sertifikasi) di MTsN 151 Sinjai Borong Kabupaten Sinjai dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran? berdasarkan fokus penelitian tersebut. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kinerja guru bersertifikat pendidik pada MTsN 151 Sinjai Borong Kabupaten Sinjai dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu berusaha $menggambarkan fenomena yang diteliti dalam bentuk deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru yang telah lulus sertifikasi. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan pembelajaran, sebagian besar dari keseluruhan guru yang telah lulus sertifikasi di MTsN 151 Sinjai Borong mampu menyusun RPP sesuai dengan silabus yang mereka jadikan acuan atau rujukan sebagai pedoman penyusunan RPP yang disusun berdasar kurikulum yang di laksanakan oleh sekolah tersebut, meskipun dari pengamatan atau observasi masih ada guru yang belum mampu melakukannya dengan sempurna (2) Pelaksanaan pembelajaran, kegiatan ini merupakan kegiatan inti dari proses pembelajaran disekolah, guru yang telah mendapatkan sertifikat pendidik sebagai tenaga pendidik professional di sekolah tersebut telah menjalankan proses pembelajaran sesuai dengan ketentuan, karna rata-rata guru yang bersertifikat pendidikan telah menerapkan sebagaian besar indikator dari pelaksanaan pembelajaran seperti guru mampu menyiapkan dan mnerapkan bahan ajar atau sumber belajar, metode tekhnik mengajar yang baik kemudian strategi pembelajaran yang di lakukan juga berfariasi. (3) Evaluasi atau penilaian pembelajaran, untuk evaluasi dan penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru bersertifikat pendidik di MTsN 151 Sinjai Borong mereka melakukan dengan sistematis untuk memberikan penilaian terhadap siswanya
id IOS3399.23012
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:17:29Z
last_indexed 2023-03-04T19:17:29Z
recordtype dc
_version_ 1764483857724211200
score 17.538404