KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG

Main Author: Andi Megawaty Rahman
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/22965/1/JURNAL.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22965/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengkaji tentang Bagaimana Kompetensi Pedagogik Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengatahui gambaran kompetensi pedagogik pendidik pada pendidikan anak usia dini di Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Pendekatan penelitian ini adalah penedekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi d dalam peneltian ini sebanyak 27 orang pendidik dan sampel dalam penelitian ini menggunakan tekniksampel jenuh (saturation sampel). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif berbantuan SPSS. Berdasarkan uraian hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka peneliti dapat menarik kesimpulann bahwa di temukan data-data yang menunjukkan bahwa tenaga pendidik pada pendidikan anak usia dini di Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng telah memahami kompetensi pedagogik. Hal ini di tandai dengan Para guru memahami terkait penguasaan karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual, memahami terkait penguasaan teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik, memahami dalam mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang di ampu, memahami peneyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik, telah memahami tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik, telah memahami tentang fasilitas pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, telah memahami tentang komunikasi secara efektif, empatik, dan snatun dengan peserta didik, telah memahami tentang penyelenggaraan penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, telah memahami tentang pemanfaatan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, dan telah memahami tentang tindakan reflektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Kompetensi, Pedagogik