Daftar Isi:
  • A.Nurul Khaeriyah, 104 204 029. Pembinaan Narapidana Anak di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Makassar.Pembimbing skripsi Drs. M. Ali Latif Amri, M.Pd. dan Dra.. IstiyaniIdrus, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Penelitian ini mengkaji tentang Program Pembinaan Narapidana Anak Lembaga Pemasyarakatan Klas I Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Program Pembinaan Narapidana Anak di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Makassar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan Narapidana Anak Di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah tiga orang Pembina Narapidana Anak di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Data diolah dengan menelaah seluruh data, reduksi data dan penafsiran data. Pembinaan Narapidana anak dilakukan(1) Pembinaan fisik dan sebagainya, melalui pembinaan tersebut, penelitian ini telah berhasil dengan baik, yang ditandai dengan adanya pembinaan fisik meliputi : pendidikan untuk hidup bersih, pemenuhan kebutuhan gizi, dan olahraga (gerak badan ringan / senam, sepakbola, volly, dan sebagainya); (2) Pembinaan mental religius, mencakup : mengaji dan penghafalan surah-surah pendek, shalat berjamaah, serta pengajaran penulisan huruf al-qur’an ; (3) pembinaan social masyarakat dimana anak dididik dan dibimbing serta dimotivasi agar tidak mengulangi tindak pidana ; (4) pembinaan keterampilan, melalui pembuatan bingkai dari kertas koran agar anak didik memiliki bekal keterampilan saat keluar dari lembaga pemasyarakatan walau hanya membuat bingkai.