PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI METODE PERMAINAN KARTU HURUF PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN AL- MUHAJIRIN KELURAHAN TAMALANREA JAYA KOTA MAKASSAR
Daftar Isi:
- ASNIA TATANG M, 2016. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Al- Muhajirin Kelurahan Tamalanrea Jaya Kota Makassar. Skripsi ini Dibimbing oleh Drs.M.Ali Latif Amri,M.Pd dan Dr.H.M. Ali Latief,M.Pd Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Al- Muhajirin Kelurahan Tamalanrea Jaya Kota Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Al- Muhajirin Kelurahan Tamalanrea Jaya Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Al- Muhajirin Kelurahan Tamalanrea Jaya Kota Makassar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian yaitu kemampuan mengenal huruf A sampai Z, menyebutkan symbol huruf , menyebutkan huruf depan dari sebuah kata atau gambar terdapat pada kartu huruf dan Metode permainan kartu huruf. Subjek penelitian adalah 17 orang Anak Usia dini dan 1 orang Tutor. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes hasil belajar ( Tes verbal) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini dari siklus I di lihat dari 3 faktor yaitu faktor Tutor, faktor anak usia dini dan faktor lingkungan sekolah yang tergolong kategori cukup dengan nilai rata-rata 58 dan pada siklus II di lihat dari 3 faktor yaitu faktor Tutor, faktor anak usia dini dan faktor lingkungan sekolah yang tergolong kategori Baik dengan nilai rata-rata 82. Terbukti secara signifikan bahwa Penggunaan Metode Permainan Kartu Huruf Dapat Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Al-Muhajirin Kelurahan Tamalanrea Jaya Kota Makassar.