KEMAMPUAN TUTOR DALAM MEMBELAJARKAN ANAK DIDIK DI KELOMPOK BERMAIN TUNAS BANGSA KOTA MAKASSAR

Main Author: ANDRIANI
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/22855/1/HALAMAN%20SAMPUL.docx
http://eprints.unm.ac.id/22855/5/HALAMAN%20DEPAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/22855/3/ISI%20SKRIPSI.docx
http://eprints.unm.ac.id/22855/4/RKH%20AL%20SKRIPSI.docx
http://eprints.unm.ac.id/22855/
Daftar Isi:
  • Andriani. 2016. Kemampuan Tutor dalam Membelajarkan Anak Didik di Kelompok Bermain Tunas Bangsa Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. M. Ali Latif Amri, M.Pd. dan Drs. H. Alimin Umar, M.Pd.; Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang kemampuan tutor dalam membelajarkan anak usia dini di kelompok bermain Tunas Bangsa Kota Makassar. Fokus Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan pedagogik tutor dalam membelajarkan anak usia dini di kelompok bermain Tunas Bangsa kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan tutor dalam membelajarkan anak usia dini di kelompok bermain Tunas Bangsa kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan subjek penelitian 2 orang tutor serta 3 informan pendukung (ketua pengelola, sekretaris, dan penanggung jawab). Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tutor sudah dapat memahami dan mampu menyusun perencanaan kegiatan pembelajaran seperti RKH, merancang dan menetapkan kegiatan bermain dan merencanakan kegiatan pembelajaran yang disusun berdasarkan kelompok usia, (2) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dalam kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dengan memperhatikan prinsip pendekatan pada anak usia dini. Tutor sudah mampu menata lingkungan bermain dan membuat APE dari bahan alam atau bahan bekas, (3) Tutor sudah mampu membuat dan menggunakan teknik, alat dan mengelola penilaian yang tepat.