STUDI TENTANG PELAKSANAAN KURSUS OLAH VOKAL DI UPTD SKB (SANGGAR KEGIATAN BELAJAR) UJUNG PANDANG KOTA MAKASSAR
Daftar Isi:
- FITRIANI.2015. Studi Pelaksanaan KursusolahVokal Di UPTD SKB (SanggarKegiatanBelajar) Ujung Pandang Kota Makassar.SkripsidibimbingolehSyamsulBakhirGaffar dan Bulkis SaidJurusan Pendidikan LuarSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Makassar. Penelitianinimenelaahstudi pelaksanaankursusolah vocal di UPTD SKB (SanggarKegiatanBelajar) Ujung Pandang Kota Makassar.Fokuspenelitianiniadalah 1) Contextmeliputi karakteristik warga belajar, kurikulum dan tenaga pengajar. 2) Inputmeliputi kemampuan sistem dan strategi mencapai tujuan dalam kursus olah vokal di UPTD SKB Ujung Pandang Kota Makassar. 3) Process meliputi hubungan antara warga belajar dengan instruktur dan media pengajaran dalam kursus olah vokal di UPTD SKB Ujung Pandang Kota Makassar. 4) Productmeliputi pencapaian hasil belajar warga belajar pada saat pelaksanaan dan akhir pelaksanaan kursus olah vokal di UPTD SKB Ujung Pandang Kota Makassar. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif kualitatif.Subjekpenelitianiniadalahwargabelajar di UPTD SKB (SanggarKegiatanBelajar) Ujung Pandang Kota Makassar.Pengumpulan data denganmenggunakanwawancaramendalam (indeep interview)danobservasi.Analisis data menggunakanmetodeanalisisdeskriptifkualitatifartinyahasilwawancaradari tutor wargabelajardanhasilobservasiwargabelajar yang terjadi di lapangan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapelaksanaanpelatihankursusolah vocal di UPTD SKB Ujung Pandang Kota Makassar berjalandengansesuaidengankriteriapenilaian yang didasarkanpadapenilaiandengan model CIPP (Context, Input, Procces, Product) yang terdiri atas: 1) Konteks, meliputi karakteristik warga belajar yang berjumlah 21 orang, kurikulum yang digunakan telah sesuai dengan ketetapan pemerintah, dan tenaga pengajar berasal Pamong Belajar BP-PAUDNI Regional V Makassar dan player adalah tenaga profesional. 2) Input meliputi kemampuan sistem dan strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan telah berjaan dengan baik. 3) Proses meliputi hubungan warga belajar dengan instruktur berjalan dengan baik dan media pengajaran digunakan oleh tenaga pengajar masuk dalam kategori baik. 4) Produk meliputi pencapaian hasil belajar pada saat pelaksanaan berupa sisi kognitif, afektif dan psikomotorik warga belajar masuk dalam kategori baik dan pencapaian hasil belajar pada akhir program telah berhasil dengan baik