Pengaruh Penggunaan Peta Pikiran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar
Main Authors: | Ramli, Humaerah, Bahri, Arsad, Ristiana, Evi |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNESA
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/22657/1/20.%20Peta%20Pikiran%20Jurnal%20iPA%202020.pdf http://eprints.unm.ac.id/22657/3/20.%20Review%20Pengaruh%20Penggunaan.pdf http://eprints.unm.ac.id/22657/ https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/7250 |
Daftar Isi:
- Pendidikan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan demikian, lembaga pendidikan dituntut untuk meningkatkan kualitas pendidikannya. Penerapan media pembelajaran yang lebih melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sangat diperlukan sehingga siswa akan dapat memahami konsep yang sedang dipelajarinya. Salah satu alternatif pembelajaran yang sesuai untuk lebih meningkatkan siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan menggunakan media peta pikiran. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design. Jenis desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pretes dan postes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 42 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas kontrol sebanyak 21 siswa dan kelas B sebagai kelas kontrol sebanyak 21 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan anakova. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen menggunakan media peta pikiran sebesar 93% dan kelas kontrol menggunakan media konvensional sebesar 79%. Hasil uji anakova diperoleh nilai p-level lebih kecil dari α 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh peta pikiran terhadap hasil belajar IPA