HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI KELOMPOK BELAJAR MELATI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT ADIAKSA DESA MARIO KABUPATEN LUWU UTARA
Daftar Isi:
- Satrina, 2013, Hubungan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Keaksaraan Fungsional di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Adiaksa Desa Mario Kabupaten Luwu Utara. Skripsi, dibimbing oleh Drs. H. Alimin Umar, M.Pd. dan Dra. Kartini Marzuki, M.Si., Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Hubungan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Warga Belajar Keaksaraan Fungsional di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Adiaksa Desa Mario Kabupaten Luwu Utara. Permasalahan dalam penelitian ini Apakah ada hubungan motivasi belajar dan hasil belajar warga belajar keaksaraan fungsional di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Adiaksa di Desa Mario Kabupaten Luwu Utara? Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya hubungan motivasi belajar dan hasil belajar warga belajar keaksaraan fungsional di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Adiaksa di Desa Mario Kabupaten Luwu Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif yang bersifat korelasi. Subjek penelitian ini adalah 30 orang warga belajar keaksaraan fungsional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul di analisis dengan bantuan: (1) Statistik deskriptif korelasional; dan (2) Statistik inferensial untuk a) uji validitas dan reliabilitas b) uji normalitas data, dan c) uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan besarnya kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar warga dikategorikan sangat tinggi. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan, diterima yaitu ada Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Warga Belajar Keaksaraan Fungsional di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Adiaksa di Desa Mario Kabupaten Luwu Utara. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar warga belajar maka semakin tinggi hasil belajarnya.