PENGGUNAAN METODE SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BRAILLE BAGI SISWA TUNANETRA KELAS III DI SLBN WERI LARANTUKA

Main Author: STEPHANIA ANNA MARIA ANGELINA KLEDEN
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/22532/1/SKRIPSI%20STEPHANIA%20ANNA%20MARIA%20ANGELINA%20KLEDEN%201745041023.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22532/3/176-LOA%20STEPHANIA%20A.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22532/2/JURNAL%20STEPHANIA%20ANNA%20MARIA%20ANGELINA%20KLEDE-dikonversi.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22532/
Daftar Isi:
  • Stephania Anna Maria A. Kleden. 2021. Penggunaan Metode Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Braille Bagi Siswa Tunanetra Kelas III di SLBN Weri Larantuka. Skripsi Dibimbing oleh Drs. Andi Budiman, M.Kes dan Dr. H. Syamsuddin, M.Si Program Studi Pendidikan Khusus Universitas Negeri Makassar. Kemampuan Membaca Permulaan Braille merupakan salah satu kemampuan kognitif yang seharusnya sudah dikuasai oleh siswa yang duduk di kelas III. Namun peneliti menemukan siswa Tunanetra yang sudah duduk di kelas III mengalami hambatan dalam membaca permulaan braille terutama ketika pembelajaran Bahasa Indonesia Sehingga penelitian ini mengkaji tentang Kemampuan membaca permulaan braille pada siswa Tunanetra melalui penggunaan metode scramble pada siswa kelas III di SLBN Weri Larantuka. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimana kemampuan membaca permulaan braille sebelum penggunaan metode scramble bagi siswa tunanetra kelas III di SLBN Weri Larantuka?, 2) Bagaimana kemampuan membaca permulaan braile sesudah penggunaan metode scramble bagi siswa tunanetra kelas III di SLBN Weri Larantuka ? 3) Apakah terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan braille setelah penggunaan metode scramble bagi siswa tunanetra kelas III di SLBN Weri Larantuka? Berdasarkan rumusan masalah,maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan braille sebelum penggunaan metode scramble bagi siswa kelas III di SLBN Weri Larantuka, untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan braille setelah penggunaan metode scramble bagi siswa kelas III di SLBN Weri Larantuka dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan braille melalui penggunaan metode scramble bagisiswa kelasIII di SLBN Weri Larantuka Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskkriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa Tunanetra kelas III di SLBN Weri Larantuka yang berjumlah 1 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan dalam mebaca permulaan braille pada siswa tuanetra kelas III di SLBN Weri Larantukastelah penggunaan metode scramble. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan nilai yang diperoleh siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yakni 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan braille pada siswa tunanetra kelas III di SLBN Weri Larantuka sebelum menggunakan metode scramble berada dalam kategori kurang (20). Sedangkaan kemampuan membaca permulaan braille siswa tunanetra kelas III di SLBN Weri Larantuka stelah menggunakan metode scramble berada dalam kategorisangat baik (80). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Kemampuan membaca permulaan braille siswa Tunanetra kelas III di SLBN Weri Larantuka sebelum diberikan perlakuan dengan metode scramble berada pada kategori rendah, Kemampuan membaca permulaan braille siswa Tunanetra kelas III di SLBN Weri Larantuka sebelum diberikan perlakuan dengan metode scramble berada pada kategori sangat baik, Terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan braille melalui penggunaan metode scramble pada siswa tunanetra kelas III di SLBN Weri Larantuka. Kata kunci : Kemampuan membaca permulaan braille, siswa tunanetra, metode scramble