PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP CAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 5 ENREKANG

Main Author: As’adiyah Bachtiar, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/22479/1/JURNAL%20NURUL%20AS%27ADIYAH%20BACHTIAR%20-%20Nurul%20As%27adiyah%20Bachtiar.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22479/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual dalam model discovery learning terhadap capaian hasil belajar siswa pada pembelajaran seni tari di kelas X MIPA SMA Negeri 5 Enrekang. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasinya adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 5 Enrekang yang terdiri dari lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelompok kontrol. Variabel bebasnya adalah penggunaan model discovery learning berbasis audio visual dan model discovery learning tanpa media audio visual. Variabel terikatnya adalah hasil belajar dalam pembelajaran seni tari. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar materi seni tari sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis prasyarat statistik inferensial terhadap tes hasil belajar menunjukkan bahwa data pada kelompok eksperimen dan kontrol tidak terdistribusi normal serta memiliki varians yang homogen. Hasil uji non-parametrik Mann-Whitney dengan α= 0,05 dan dk= 1,64 diperoleh zhitung > ztabel (6,67>1,64) maka ada pengaruh media audio visual dalam model discovery learning terhadap capaian hasil belajar siswa pada pembelajaran seni tari di kelas X MIPA SMA Negeri 5 Enrekang.