PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENERAPAN METODE EJA PADA ANAK DISLEKSIA KELAS III SD INPRES MACCINI BARU MAKASSAR

Main Author: HARIYANTO. A
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/22472/1/SKRIPSI%20HARIYANTO.A.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22472/
Daftar Isi:
  • Hariyanto. A, 2020. Implementasi Medote eja Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Murid Disleksia Kelas III SD Inpres Maccini Baru Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Agus Marsidi, M. Si dan Dr. Usman, M. Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan membaca dimiliki siswa serta keaktifan siswa dalam proses belajar menjadi alasan dirumuskan 1 rumusan masalah yaitu bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca dalam membedakan huruf m dan n murid disleksia kelas III di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kemampuan membaca dalam membedakan huruf m dan n pada murid disleksia kelas III di SD Inpres Maccini Baru Makassar sebelum penerapan metode eja, (2) Peningkatan kemampuan membaca dalam membedekan huruf m dan n pada murid disleksia kelas III di SD Inpres Maccini Baru Makassar melalui penerapan metode eja, (3) Kemampuan membaca dalam membedekan huruf m dan n pada murid disleksia kelas III di SD Inpres Maccini Baru Makassar setelah penerapan metode eja. Pendekatan kualitatif dan Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 1 murid. Variabel dalam penelitian ini adalah difokuskan untuk satu variabel, yaitu mengenal huruf, suku kata, dan kalimat sederhana. Teknik pengumpulan data adalah tes dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca sebelum penerapan metode eja murid disleksia kelas III di SD Maccini Baru Makassar termasuk dalam kategori sangat kurang. Setelah penerapan metode eja pada murid disleksia kelas III di SD Inpres Maccini Baru Makassar dalam kategori baik. Dengan melihat hasil tes awal maka tes akhir terdapat peningkatan kemampuan membaca. Hal ini dapat diartikan bahwa penerapan metode eja dapat meningkatkan kemampuan membaca pada murid disleksia kelas III di SD Inpres maccini Baru Makassar. Kata kunci: Metode eja, Disleksia.