PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN PAPAN FLANEL PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS II DI SLB NEGERI 1 GOWA

Main Author: NURHIDAYATI
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/22471/1/skripsi%20Nurhidayati%20ujian%20FINISH.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22471/2/JURNAL%20NURHIDAYATI%201645041009.docx
http://eprints.unm.ac.id/22471/
Daftar Isi:
  • NURHIDAYATI, 2020. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Papan Flanel Pada Murid Cerebral Palsy Tipe Spastik Kelas II Di SLB Negeri 1 Gowa. Skripsi Dibimbing oleh Dra. Tatiana Medina, M.Si dan Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Si. program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Papan Flanel Pada Murid Cerebral Palsy Tipe Spastik Kelas II Di SLB Negeri 1 Gowa, khususnya pada kompetensi dasar “Membaca suku kata dan kata”. Rumusan Masalah dalam penelitian ini Apakah ada Peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan papan flanel pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1 Gowa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1 Gowa sebelum penggunaan media papan flanel. (2) Penggunaan media papan flanel untuk peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1 Gowa. (3) Kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1 Gowa setelah penggunaan media papan flanel. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan single subject Research dengan desain A (Baseline 1)-B (Intervensi) -A (Baseline 2). Subjek penelitian adalah satu orang murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1 Gowa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes dan dokumnetasi. Data yang diperoleh diolah melalui metode eksperimen dengan penelitian subjek tunggal. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan papan flanel dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Hal ini berdasarkan grafik kemampuan membaca permulaan subjek yang meningkat. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat menjawab rumusan masalah bahwa papan flanel dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan efektif digunakan dalam pemebelajaran pada murid cerebral palsy tipe spastik