PENGGUNAAN SPINDLE BOXES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BRHITUNG PADA MURID AUTIS KELAS III DI SD NEGERI UNGGULAN MONGISIDI I MAKASSAR

Main Author: FADILAH UTAMI,
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/22373/1/1.%20SAMPUL%20%28i%29%20new.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/2/2.%20PERSETUJUAN%20PEMBIMBING%20%28ii%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/3/3.%20Tanda%20tangan%206.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/4/4.%20PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI%20%28iv%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/5/5.%20MOTO%20DAN%20PERUNTUKKAN%20%28v%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/6/6.%20ABSTRAK%20%28vi%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/8/7.%20PRAKATA%20%28vii%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/10/9.%20daftar%20gambar%2Ctabel%2C%20grafik.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/9/10.BAB%20I%20TAMI%20%281-4%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/11/11.BAB%20II%20TAMI%20%285-23%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/12/12%2CBAB%20III%20TAMI%20%2824-37%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/13/13.%20BAB%20IV%20%2838-87%29%20new.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/14/14.%20BAB%20V%20%2888-89%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/15/daftar%20pustaka%20II%20%2888%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/18/penilaian%20instrumen%20tes%28111-113%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/19/21.%20Lampiran%204%20RPI%20SESI%205%28114-117%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/20/26.%20Lampiran%205%20BASELINE%20%28139-155%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/21/27.%20Lampiran%206%20baseline%202%20%28156-157%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/16/Lampiran%208%20%28165-168%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/17/Lampiran%209%20%28169%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/22/RIWAYAT%20HIDUP%20tami%28173%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22373/23/JURNAL%20FADILAH%20UTAMI.docx
http://eprints.unm.ac.id/22373/
Daftar Isi:
  • FADILAH UTAMI, 2019. Penggunaan Spindle Boxes Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Murid Autis Kelas III di SD Negeri Unggulan Mongisidi I Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Mustafa, M.SI, dan Drs. H. Agus Marsidi, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung murid autis pada mata pelajaran Matematika di SD Negeri Unggulan Mongisidi I Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan Spindle Boxes dapat meningkatkan kemampuan murid autis dalam berhitung di kelas III SD Negeri Unggulan Mongisidi I Makassar”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung murid autis dengan menggunakan spindle boxes dalam pengajaran di kelas III SD Negeri Unggulan Mongisidi I Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang murid autis kelas III Di SD Negeri Unggulan Mongisidi I Makassar yang berinisial MZ. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian kemampuan berhitung murid autis apakah dengan menerapkan Spindle Boxes dapat meningkatkan kemampuan murid autis dalam berhitung di kelas III SD Negeri Unggulan Mongisidi I Makassar. Hasil Perbandingannya tidak terjadi data tumpang tindih. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Spindle Boxes dapat meningkatkan kemampuan berhitung murid autis kelas III di SD Negeri Unggulan Mongisidi I Makassar Kata kunci : Spindle Boxes, Kemampuan berhitung, Autis