Perbandingan Hasil Belajar Matematika Antara Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pallangga

Main Author: Rante Salong, Lisa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/2235/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Lisa Rante Salong, 2016. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Antara Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pallangga. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu untuk menunjukkan perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada kelas VIII SMPN 1 Pallangga semester genap tahun ajaran 2015/2016. Desain penelitian adalah randomized control design dan teknik penyampelan mengunakan cluster random sampling. Data tentang aktifitas belajar siswa dan keterlaksanan pembelajaran diperoleh dari lembar observasi serta data hasil belajar diperoleh dari tes hasil belajar. Analisis statistik deskriptif dilakukan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, aktifitas siswa dan keterlaksanaan pembelajaran, serta analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan model pembelajaran AIR berada pada kategori tinggi, serta terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan model pembelajaran AIR pada kelas VIII SMP Negeri 1 Pallangga. Kata Kunci: model Reciprocal Teaching, model Auditory Intellectually Repetition (AIR ) dan Hasil Belajar