PENGGUNAAN FLASH CARD UNTUK MENGENAL HURUF PADA ANAK AUTIS KELAS DASAR III DI SLB-C-YPPLB MAKASSAR

Main Author: SRI ASMAWATI
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/22348/2/SRI%20ASMAWATI%201545040009.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22348/1/Jurnal%20Sri%20Asmawati.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22348/
Daftar Isi:
  • SRI ASMAWATI, 2019. Penggunaan Flashcard Untuk Mengenal Huruf Pada Murid Autis Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Agus Marsidi, M.Si dan Dr. Bastiana, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal huruf anak autis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SLB-C YPPLB Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan Flashcard dapat meningkatkan kemampuan anak autis dalam mengenal huruf di kelas dasar III di SLB YPPLB-C Makassar”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf anak autis dengan menggunakan flashcard dalam pengajaran di kelas dasar III di SLB-C YPPLB Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang anak autis kelas dasar III Di SLB-C YPPLB Makassar yang berinisial FAP. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian kemampuan mengenal huruf anak autis apakah dengan menerapkan Flashcard dapat meningkatkan kemampuan anak autis dalam mengenal huruf di kelas dasar III di SLB YPPLB-C Makassar. Hasil Perbandingannya tidak terjadi data tumpang tindih. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Flashcard dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak autis kelas dasar III di SLB-C YPPLB Makassar. Kata kunci : Flashcard, Kemampuan mengenal huruf, Autis