PENERAPAN METODE GLOBAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MURID TUNARUNGU DI SLB PRIMA KARYA MAKASSAR
Main Author: | MUJAINA |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/22337/1/MUJAINA%201545042007.pdf http://eprints.unm.ac.id/22337/2/JURNAL%20MUJAINA.pdf http://eprints.unm.ac.id/22337/ |
Daftar Isi:
- MUJAINA 2019 Penerapan Metode Global Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Murid Tunarungu Di SLB Prima Karya Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd dan Dr. Mustafa, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia murid Tunarungu kelas dasar II di SLB Prima Karya Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan murid tunarungu kelas dasar II di SLB Prima Karya Makassar setelah penerapan metode global?”. Tujuan penelitian ini adalah “1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid Tunarungu kelas dasar II di SLB Prima Karya Makassar pada kondisi baseline 1 (A1). 2) Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid Tunarungu kelas dasar II di SLB Prima Karya Makassar pada kondisi intervensi (B). 3) Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid Tunarungu kelas dasar II di SLB Prima Karya Makassar pada kondisi baseline 2(A2). 4) Peningkatan Kemampuan membaca permulaan pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB Prima Karya Makassar berdasarkan hasil analisis antarkondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2)”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes Perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang murid tunarungu kelas dasar II di SLB Prima Karya Makassar berinisial NAL. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (Single Subject Research/SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Dengan penerapan metode global yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid Tunarungu. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan grafik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode global dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB Prima Karya Makassar. Kata kunci: Metode Global, Kemampuan membaca permulaan, Tunarungu.