PENERAPAN MEDIA OBJECT BOXES ( KOTAK OBJEK ) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS DASAR II DI SLB YPAC MAKASSAR
Main Author: | SARAH AZHARI |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/22334/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unm.ac.id/22334/2/JURNAL%20Sarah%20Azhari.pdf http://eprints.unm.ac.id/22334/ |
Daftar Isi:
- Sarah Azhari, 2019. Penerapan Media Object Boxes (Kotak Objek) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Murid Cerebral Palsy Kelas Dasar II Di SLB YPAC Makassar. Skripsi. Dibimbing Drs. Andi Budiman, M.Kes dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan membaca murid Cerebral Palsy pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya membaca suku kata dan kata di SLB YPAC Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1).Bagaimanakah Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy kelas dasar II di SLB YPAC Makassar pada fase baseline 1 ( A-1)? (2).Bagaimanakah Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy kelas dasar II di SLB YPAC Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi intervensi (B)? (3).Bagaimanakah Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy kelas dasar II di SLB YPAC Makassar berdasarkan hasil analisis pada fase baseline 2 (A2) ? (4).Bagaimanakah Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy kelas dasar II di SLB YPAC Makassar berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi ( B ) ke baseline 2 (A2)?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy kelas dasar II di SLB YPAC Makassar pada fase baseline 1 ( A-1), (2) Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy kelas dasar II di SLB YPAC Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi intervensi ( B ), (3) Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy kelas dasar II di SLB YPAC Makassar berdasarkan hasil analisis pada fase baseline 2 ( A2 ), (4) Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy kelas dasar II di SLB YPAC Makassar berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi ( B ) ke baseline 2 ( A2 ). Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen subjek tunggal (single subject research) dengan desain A-B-A. Dengan penerapan media Object Boxes (Kotak Objek) dapat meningkatkan kemampuan membaca murid Cerebral Palsy. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan grafik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan media Object Boxes (Kotak Objek) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid Cerebral Palsy kelas dasar II di SLB C YPPLB Makassar. Kata kunci: Object Boxes (Kotak Objek), membaca permulaan