PENGGUNAAN FLASH CARD DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BRAILLE PADA MURID TUNANETRA KELAS DASAR III DI SLB-A YAPTI MAKASSAR

Main Author: NURJENNAH UTAMI
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/22323/1/NURJENNAH%20UTAMI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22323/
Daftar Isi:
  • NURJENNAH UTAMI 2019 penggunaan flash card dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan braille murid tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar, Skripsi, Dibimbing oleh, Dra. Hj. St Kasmawati, M. Si dan Dr. Mustafa, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar murid tunanetra pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya membaca braille. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan braille melalui penggunaan flash card pada murid tunanetra?” Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui : Kemampuan membaca braille permulaan murid tunanetra sebelum diberikan perlakuan (baseline1/(A1)), Penggunaan flash card untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan braille murid tunanetra pada fase (intervensi/(B)), Peningkatan kemampuan membaca braille permulaan murid tunanetra setelah diberikan perlakuan (baseline 2/(A2)), Perbandingan kemampuan membaca permulaan braille murid tunanetra sebelum dan setelah diberikan perlakuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek penelitian ini adalah satu murid tunanetra berinisial HD. Jenis penelitian ini adalah (SSR) dengan desain A-B-A. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan grafik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan yaitu : Kemampuan membaca permulaan braille subjek (HD) sebelum diberikan perlakuan masih rendah, Penggunaan media flash card untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan braille subjek penelitian (HD) dapat meningkat, Kemampuan membaca permulaan braille subjek (HD) menunjukkan peningkatan setelah diberikan perlakuan, Perbandingan kemampuan membaca permulaan braille subjek (HD) sebelum dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan perubahan peningkatan yang signifikan dari kategori sangat rendah meningkat menjadi kategori sangat tinggi dan dari kategori sangat tinggi menurun menjadi kategori tinggi. Dengan demikian kemampuan setelah diberikan perlakuan murid menurun, akan tetapi nilai yang diperoleh lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Kata kunci : Flash card, Kemampuan membaca permulaan braille, Tunanetra