PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUCAPAN KONSONAN VELAR MELALUI PENGGUNAAN METODE VISUAL AUDIOTORIS KINESTETIK TAKTIL (VAKT) PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR V DI SLB NEGERI 1 KABUAPATEN GOWA

Main Author: EKA AGUSLIATI
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/22319/1/SKRIPSI.docx
http://eprints.unm.ac.id/22319/2/pendahuluan.docx
http://eprints.unm.ac.id/22319/
Daftar Isi:
  • Eka Agusliati, 2018 Peningkatan Kemampuan Pengucapan Konsonan Velar Melalui Penggunaan Metode Visual Audiotoris Kinestetik Taktil (VAKT) pada Murid Tunarungu Kelas Dasar V Di Slb Negeri 1 Kabuapaten Gowa. . Skripsi dibimbing oleh Dr. Mustafa, M.Si. dan Drs. H. Agus Marsidi, M.Si Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan pengucapan konsonan velar anak Tunarungu Kelas di Slb Negeri 1 Kabuapaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimanakah gambaran kemampuan pengucapan konsonan velar menggunakan metode VAKT pada anak tunarungu kelas dasar V di SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa pada analisis dalam kondisi? dan Bagaimanakah gambaran kemampuan pengucapan konsonan velar menggunakan metode VAKT pada anak tunarungu kelas dasar V di SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa pada analisis antar kondisi . Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui kemampuan pengucapan konsonan velar pada anak tunarungu kelas dasar V SLB Negeri 1 GOWA berdasarkan hasil analisis pada kondisi baseline 1 (A1). (2 ) Untuk mengetahui penggunaan metode VAKT pada anak tunarungu kelas dasar V SLB Negeri 1 Gowa berdasarkan hasil analisis pada kondisi intervensi (B). (3) Untuk mengetahui kemampuan pengucapan konsonan velar pada anak tunarungu kelas dasar V SLB Negeri 1 GOWA setelah penggunaan metoda VAKT pada fase baseline 2 (A2). (4) Untuk mengetahui kemampuan pengucapan konsonan velar melalui penggunaan metode VAKT pada anak tunarungu kelas dasar V SLB Negeri 1 Gowa berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang anak tunarungu kelas dasar V di SLB Negeri 1 Gowa berinisial UZ Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dengan menggunakan metode VAKT diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pengucapan konsonan velar anak. Data yang diperoleh di analisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode VAKT dapat meningkatkan kemampuan khususnya dalam pengucapan anak tunarungu kelas dasar V di SLB Negeri 1 Gowa. Kata Kunci: kemampuan pengucapan konsonan velar, Metode VAKT, tunarungu