PENGGUNAAN FLANNELGRAPH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB-C YPPLB MAKASSAR

Main Author: SYAHRUNI
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/22317/1/1.%20SAMPUL%20%28i%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22317/2/2.%20PERSETUJUAN%20PEMBIMBING.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22317/3/3.%20PENGESAHAN%20SKRIPSI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22317/4/4.%20PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI%20%28iv%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22317/5/5.%20MOTO%20DAN%20PERUNTUKAN%20%28v%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22317/6/6.%20ABSTRAK%20%28vi%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22317/7/7.%20PRAKATA%20%28vii-ix%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22317/8/8.%20DAFTAR%20ISI%20%28x-xii%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22317/9/9.%20DAF%20GBR%2C%20GRAF%2C%20TABEL%2C%20LAM%20%28xiii-xix%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22317/10/10.%20BAB%20I.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22317/11/11.%20BAB%20II.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22317/12/12.%20BAB%20III.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22317/14/13.%20BAB%20IV.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22317/13/14.%20BAB%20V%20%26%20DAPUS.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22317/16/15.%20LAMPIRAN%201%2C2%2C3.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22317/15/16.%20Lampiran%204.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22317/18/17.%20Lampiran%205.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22317/17/18.%20RIWAYAT%20HIDUP%20%28FIX%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22317/19/JURNAL%20SYAHRUNI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22317/
Daftar Isi:
  • SYAHRUNI 2018 Penggunaan Flannelgraph dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd dan Dr. Usman, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan membaca murid tunagrahita ringan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya membaca permulaan di SLBC YPPLB Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis dalam kondisi dan Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis antar kondisi”. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi baseline 1 (A1), 2) untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi intervensi (B), 3) untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi baseline 2 (A2), 4) untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan flannelgraph berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2) pada murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLBC YPPLB Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III SLB-C YPPLB Makassar berinisial MF. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dengan penggunaan flannelgraph dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan grafik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan flannelgraph dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar.