PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENERAPAN KARTU KATA PADA MURID DISLEKSIA KELAS II SD INPRES MACCINI BARU MAKASSAR
Daftar Isi:
- WAHYUNIR SUDARMA. A, 2018 .Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan kartu kata murid disleksia Kelas II di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra.Tatiana Meidina, M.Si dan Drs. Andi Budiman, M.Kes. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang anak disleksia yang memiliki kemampuan membaca masih kurang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan kartu kata pada murid disleksia Kelas II SD Inpres Maccini Baru Makassar. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid disleksia Kelas II di SD Maccini Baru Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pebuatan. subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang siswa disleksia Kelas II. Teknik penelitian ini adalah penelitian kuantitatif . Data yang diperoleh dianalisis melalui deskriptif kuantitatif dan ditampilkan dalam bentuk diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca murid sebelum menggunakan media kartu kata pada murid Kelas II menunjukkan kategori kurang kemudian kemampuan membaca setelah menggunakan media kartu kata pada murid disleksia Kelas II menunjukkan kategori baik dan terdapat peningkatan terhadap kemampuan melaksanakan membaca menggunakan media kartu kata. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca pada murid disleksia Kelas II di SD Inpres Maccini Baru Makassar.