PEMAHAMAN GEOMETRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR II SLB YPKS BAJENG GOWA
Daftar Isi:
- NURUL AZMI AZIS. 2018. Pemahaman Geometri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Murid Tunarungu Kelas Dasar II SLB YPKS Bajeng Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Purwaka Hadi, M.Si dan Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran kemampuan mengelompokkan bangun datar pada murid tunarungu kelas dasar II SLB YPKS Bajeng Gowa sebelum dan sesudah penggunaan bentuk geometri. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kemampuan mengelompokkan bangun datar pada murid tunarungu kelas dasar II SLB YPKS Bajeng Gowa sebelum dan sesudah penggunaan bentuk geometri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan tes awal dan tes akhir. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah murid tunarungu kelas dasar II SLB YPKS Bajeng Gowa yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes perbuatan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengelompokkan bangun datar pada murid tunarungu kelas dasar II SLB YPKS Bajeng Gowa sebelum penggunaan bentuk geometri berada dalam kategori sangat kurang. Sedangkan hasil kemampuan mengelompokkan bangun datar pada murid tunarungu kelas dasar II SLB YPKS Bajeng Gowa setelah penggunaan bentuk geometri berada dalam kategori baik. Artinya ada peningkatan kemampuan mengelompokkan bangun datar pada murid tunarungu kelas dasar II SLB YPKS Bajeng Gowa melalui penggunaan bentuk geometri, sehingga hasil belajar matematika dalam mengelompokkan bangun datar meningkat.