PENGGUNAAN KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MURID DISLEKSIA KELAS IV SDN KALUKUANG III MAKASSAR

Main Author: JUSMAN RUDI
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/22281/5/SAMPUL.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/1/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/2/MOTTO%20DAN%20PERUNTUKKAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/6/ABSTRAK.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/3/PRAKATA.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/4/DAFTAR%20ISI.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/7/DAFTAR%20TABEL.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/8/DAFTAR%20GAMBAR.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/9/DAFTAR%20LAMPIRAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/10/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/11/BAB%20II.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/12/BAB%20III.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/13/BAB%20IV.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/14/BAB%20V.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/15/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/16/lampiran%201..docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/17/Lampiran%202..docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/18/Lampiran%203..docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/19/Lampiran%206%20pretest.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/20/Lampiran%207%20selama%20pembelajaran.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/21/Lampiran%208%20posttest.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/22/Lampiran%209%20keseluruhan.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/23/Lampiran%2010%20visual%20diagram.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/24/Lampiran%2011%20dokumentasi.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/26/lampiran%2012%20surat%20penelitian.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/25/lampiran%2013%20RIWAYAT%20HIDUP.docx
http://eprints.unm.ac.id/22281/
Daftar Isi:
  • JUSMAN RUDI, 2018. “Penggunaan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Murid Disleksia Kelas Dasar IV SDN Kalukuang III Makassar”. Skripsi. Dibimbing oleh Drs.H.Agus Marsidi,M.Si dan Dr. Bastiana,M.Si,..Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu kemampuan membaca kata yang rendah pada murid Disleksia Kelas IV SDN Kalukuang III Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kemampuan membaca pada anak disleksia kelas IV SDN Kalukuang III Makassar denagan menggunakan kartu huruf? . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kempuan membaca pada anak disleksia Kelas IV SDN Kalukuang III Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca kata sebelum dan setelah pembelajaran dengan menggunakan kartu huruf pada murid Disleksia Kelas IV di SDN Kalukuang III Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Kemampuan membaca kata sebelum digunakan Kartu Huruf pada kategori sangat kurang.2) Kemampuan membaca setelah digunakan Kartu Huruf menunjukkan adanya peningkatan dengan nilai berada pada kategori baik sekali.3) Ada peningkatan kemampuan membaca dengan Kartu Huruf pada murid Disleksia Kelas Dasar IV SDN Kalukuang III Makassar . Dapat disimpulkan bahwa melalui Kartu Huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca pada Murid Disleksia Kelas IV SDN Kalukuang III Makassar.