PENGGUNAAN MEDIA KOTAK ALFABET DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III SLB NEGERI 02 MAKASSAR
Daftar Isi:
- Berdasarkan indentifikasi masalah dalam penelitian ini ditemukan fenomena bahwa terdapat peserta didik tunagrahita ringan mengalami kesulitan dalam membaca permulaan di kelas dasar III SLB Negeri 02 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB NEGERI 02 Makassar melalui penggunaan Media Kotak Alfabet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar III di Negeri 02 Makassar melalui Penggunaan Media Kotak Alfabet. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri 02 Makassar yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data adalah tes perbuatan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak sebelum penggunaan media kotak alfabet berada pada kategori rendah. Sedangkan setelah penggunaan media kotak alfabet berada pada kategori meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media kotak alfabet dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri 02 Makassar. Keywords: media kotak alfabet, Kemampuan Membaca Permulaan, Tunagrahita Ringan