PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF SPINDLE BOXES DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK AUTIS KELAS 1 DI UPT PENDIDIKAN SLBN 1 MAKASSAR
Daftar Isi:
- VIKHA N. AYYUB KARTINA, 2018, Penggunaan Alat Permainan Edukatif Spindle Boxes dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Autis Kelas 1 di UPT Pendidikan SLBN 1 Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abd. Hadis, M.Pd dan Dra Hj. Kasmawati, M.Si Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah seorang anak autis kelas 1 di UPT Pendidikan SLBN 1 Makassar yang belum mengetahui konsep bilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat permainan edukatif spindle boxes dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak autis kelas 1 di UPT Pendidikan SLBN 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian dengan subyek tunggal atau biasa dikenal single subject research (SSR), yaitu penelitian yang dilakukan pada satu orang saja sebagai subjek penelitiannya. Desain yang digunakan adalah A – B – A. Pengumpulan data dengan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis dalam kondisi dan teknik analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan anak pada kondisi baseline pertama (A1) masih rendah, kemudian pada kondisi intervensi (B) kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan mengalami peningkatan , dan pada kondisi baseline kedua (A2) kemampuan mengenal konsep bilangan anak mengalami penurunan dibandingkan dengan kondisi intervensi (B) namun perolehan skornya lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi baseline pertama (A1). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan alat permainan edukatif spindle boxes dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak autis kelas 1 di UPT Pendidikan SLBN 1 Makassar.