Daftar Isi:
  • Saparuddin, 2011, Penggunaan PECS (pictures exchange communication system) dalam meningkatkan berkomunikasi verbal murid autis kelas dasar I di SLB Autis Bunda Maakassar. Skripsi ini dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd Dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini fokus pada penggunaan PECS (pictures exchange communication system) dalam meningkatkan berkomunikasi verbal murid autis kelas dasar I di SLB Autis Bunda Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan PECS (pictures exchange communication system) dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi verbal murid autis kelas dasar I di Slb Autis Bunda Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan PECS (pictures exchange communication system) dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi verbal murid autis kelas dasar I di SLB Autis Bunda Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian subyek tunggal atau biasa dikenal single subyect research (SSR), penelitian yang dilakukan pada satu orang saja sebagai subyek penelitiannya. Desain yang digunakan A B A. Pengumpulan data dengan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis dalam kondisi dan teknik analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi verbal murid pada kondisi baseline pertama (A1) masih rendah, kemudian pada kondisi intervensi (B) kemampuan murid dalam komunikasi verbal mengalami peningkatan dan pada kondisi baseline (A1) kemampuan komunikasi verbal pada murid mengalami penurunan dibandingkan dengan kondisi intervensi (B) namun perolehan skornya lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi baseline kedua (A2). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan PECS (PICTURES EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM) dapat meningkankan kemampuan komunikasi verbal murid autis kelas dasar I I Slb Autis Bunda Makassar.