Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar murid tunarungu pada mata pelajaran matematika , khususnya penjumlahan di SLB Negeri 1 Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pemahaman penjumlahan murid tunarungu kelas dasar II di SLB Negeri 1 Gowa setelah menggunakan block dienes.” Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan block dienes dalam meningkatkan pemahaman penjumlahan pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB Negeri 1 Gowa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis .Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang murid tunarungu Kelas Dasar II SLB Negeri 1 Gowa berinisial R. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dengan penggunaan block dienes dapat meningkatkan pemahaman penjumlahan pada murid tunarungu. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistic deskriptif dan ditampilkan grafik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan block dienes dapat meningkatkan pemahaman penjumlahan pada murid tunarungu Kelas Dasar II di SLB Negeri 1 Gowa.