PENGGUNAAN MEDIA TUTUP BOTOL BEKAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN PULUHAN PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS DASAR V DI SLB NEGERI I KABUPATEN GOWA
Daftar Isi:
- MIRNAWATI, 2018 . Penggunaan media tutup botol bekas untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan puluhan pada murid cerebral palsy kelas dasar V di SLB Negeri I Kabupatn Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M.Si dan Drs. Andi Budiman, M. Kes. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan penjumlahan puluhanpada murid cerebral palsy kelas dasar V di SLB Negeri I Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah“Bagaimanakah Penggunaan Media Tutup Botol Bekas Untuk Mengetahui penggunaan Kemampuan Penjumlahan Puluhan Pada Murid Cerebral Palsy Kelas Dasar V Di SLB Negeri I Kabupaten Gowa”. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Puluhan Pada Murid Cerebral Palsy Kelas Dasar V Di SLB Negeri I Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan penjumlahan puluhan sebelum dan sesudah penggunaan media tutup botol bekas pada murid cerebral palsy Kelas Dasar V Di SLB Negeri I Kabupaten Gowa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes tertulis. Subyek dalam penelitian ini adalah murid cerebral palsy kelas dasar V yang berjumlah satu orang . Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penjumlahan puluhan kelas dasar V di SLB Negeri I Kabupaten Gowa sebelum penggunaan media tutup botol bekas berada dalam kategori sangat tidak mampu. Sedangkan hasil kemampuan penjumlahan puluhan murid cerebral palsy kelas dasar V di SLB Negeri I Kabupaten Gowa setelah penggunaan media tutup botol bekas berada dalam kategori mampu. Artinya anak mampu dalam penjumlahan puluhan murid cerebral palsy kelas dasar V di SLB Negeri I Kabupaten Gowa setelah penggunaan media tutup botol bekas. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Penggunaan media tutup botol bekas dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan puluhan pada murid cerebral palsy kelas dasar V di SLB Negeri I Kabupaten Gowa.