PENINGKATAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN VARIAN BACKUP PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II DI SLB NEGERI 02 MAKASSAR
Main Author: | ANDI CHAERANI |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/22222/1/COVER.docx http://eprints.unm.ac.id/22222/2/BAGIAN%20AWAL.doc http://eprints.unm.ac.id/22222/3/BAGIAN%20ISI.docx http://eprints.unm.ac.id/22222/4/daftar%20pustaka%20ku.doc http://eprints.unm.ac.id/22222/5/lampiran-lampiran.docx http://eprints.unm.ac.id/22222/6/JURNAL%20ANDI%20CHAERANI.docx http://eprints.unm.ac.id/22222/ |
Daftar Isi:
- ANDI CHAERANI. “Peningkatan Kemampuan Penjumlahan Melalui Penggunaan Strategi Pembelajaran Varian Backup Pada siswa Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II Di SLB Negeri 02 Makassar”. Skripsi. Dibimbing oleh Dr.Mustafa,M.Si dan Dr.Triyanto Pristiwaluyo,M.Pd Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang terjadi di SLB Negeri 02 Makassar, dimana terdapat murid tunagrahita ringan kelas dasar II yang mengalami kesulitan dalam penjumlahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah penerapan kemampuan penjumlahan sebelum penggunaaan strategi pembelajaran Varian Backup pada peserta didik tunagrahita ringan kelas Dasar II Di SLB Negeri Makassar, 2) Bagaimanakah penerapan kemampuan penjumlahan setelah penggunaaan strategi pembelajaran Varian Backup pada peserta didik tunagrahita ringan kelas Dasar II Di SLB Negeri Makassar, Apakah penggunaaan strategi pembelajaran Varian Backup dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunagrahita ringan kelas Dasar II Di SLB Negeri Makassar. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penerapan kemampuan penjumlahan sebelum penggunaaan strategi pembelajaran Varian Backup pada peserta didik tunagrahita ringan kelas Dasar II Di SLB Negeri Makassar, 2) untuk mengetahui penerapan kemampuan penjumlahan setelah penggunaaan strategi pembelajaran Varian Backup pada peserta didik tunagrahita ringan kelas Dasar II Di SLB Negeri Makassar, 3) untuk mengetahui peningkatan kemampuan penjumlahan melalui penggunaaan strategi pembelajaran Varian Backup pada peserta didik tunagrahita ringan kelas Dasar II Di SLB Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 2 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan dan teknik analisis data analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan penjumlahan pada siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri 02 Makassar sebelum penerapan strategi pembelajaran Varian backup berada dalam kategori kurang. 2) Kemampuan penjumlahan pada siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri 02 Makassar setelah penggunaan strategi pembelajaran Varian backup berada dalam kategori baik. 3) Ada peningkatan kemampuan penjumlahan pada siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri 02 Makassar sebelum dan sesudah penggunaan strategi pembelajaran Varian backup.