PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK LATIHAN GRAPHOMOTOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK CEREBRAL PALSY KELAS DASAR II DI SLB NEGERI POLEWALI

Main Author: HASURI S
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/22213/1/SAMPUL.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22213/2/SAMPUL%20DALAM.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22213/3/PERSETUJUAN%20PEMBIMBING.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22213/4/PENGESAHAN%20SKRIPSI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22213/12/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22213/7/MOTO%20DAN%20PERUNTUKKAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22213/6/ABSTRAK.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22213/25/PRAKATA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22213/8/DAFTAR%20ISI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22213/9/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22213/10/DAFTAR%20GRAFIK.docx
http://eprints.unm.ac.id/22213/11/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22213/13/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22213/14/BAB%20I.PENDAHULUAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22213/15/BAB%20II.KAJIAN%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22213/16/BAB%20III.METODE%20PENELITIAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22213/17/BAB%20IV.HASIL%20PENELITIAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/22213/18/BAB%20V.%20KESIMPULAN%20DAN%20SARAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22213/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22213/22/SAMPUL%20LAMPIRAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/22213/20/DOKUMENTASI%20PENELITIAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/22213/21/INSTRUMEN%20PENELITIAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/22213/23/PROGRAM%20PEMBELAJARAN%20INDIVIDUAL%20%28PPI%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22213/24/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22213/
Daftar Isi:
  • HASURI S, 2017. “Pengaruh Penggunaan Teknik Latihan Graphomotor dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak Cerebral Palsy Kelas Dasar II Di SLB Negeri Polewali”. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Agus Marsidi, M. Si dan Dra. Tatiana Meidina, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini yaitu anak cerebral palsy masih kesulitan menulis permulaan di tingkatan Kelas Dasar II di SLB Negeri Polewali. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah gambaran kemampuan menulis permulaan anak cerebral palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Polewali pada kondisi baseline 1 (A1)?. 2. Bagaimana gambaran kemampuan menulis anak cerebral palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Polewali pada kondisi intervensi (B)?. 3. Bagaimanakah gambaran kemampuan menulis permulaan anak cerebral palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Polewali pada kondis baseline 2 (A2)?. 4. Apakah ada pengaruh penggunaan teknik latihan graphomotor dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak cerebral palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Polewali?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik latihan Graphomotor dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak Cerebral palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Polewali. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen Single Subject Research (SSR) yaitu penelitian yang dilakukan pada satu orang saja sebagai subjek penelitiannya. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah M. Teknik analisis data ialah analisis deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; kemampuan menulis anak pada kondisi baseline-1 (A1) penggunaan teknik latihan Graphomotor berada pada kategori rendah kemudian pada kondisi baseline-2 (A2), terjadi peningkatan kemampuan menulis permulaan pada anak cerebral palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Polewali. Kesimpulan penelitian ini yaitu penggunaan teknik latihan Graphomotor berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf pada anak cerebral palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Polewali.