MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY PADA MURID TUNANETRA KELAS VII DI SLB-A YAPTI MAKASSAR
Main Author: | REZA ARI PRATAMA |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/22212/1/Skripsi%20Reza%20Ari%20Pratama.pdf http://eprints.unm.ac.id/22212/2/JURNAL%20REZA%20ARI%20PRATAM.pdf http://eprints.unm.ac.id/22212/ |
Daftar Isi:
- Reza Ari Pratama, 2017. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Metode Inquiry Pada Murid Tunanetra Kelas VII Di SLB-A YAPTI Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Purwaka Hadi,M.Si dan Dra. Hj. St. Kasmawati,M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada murid tunanetra kelas VII Di SLB-A YAPTI Makassar .Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Dengan Menggunakan Metode Inquiry Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Murid Tunanetra Kelas VII Di SLB-A YAPTI Makassar ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Inquiry pada murid tunanetra kelas VII di SLB-A YAPTI Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk meneliti atau mengetahui peningkatan hasil belajar IPA murid Tunanetra kelas VII di SLB-A YAPTI Makassar sebelum dan setelah penggunaan metode inquiry. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu dua orang murid tunanetra berinisial MCL dan SAQ. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar IPA sebelum penggunaan metode inquiry pada murid tunanetra kelas dasar VII di SLB-A YAPTI Makassar berada pada kategori kurang mampu kemudian setelah penerapan metode inquiry kemampuan hasil belajar IPA pada abak tunanetra berada pada kategori mampu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar murid tunanetra kelas VII di SLB-A YAPTI Makassar.