Daftar Isi:
  • ZAKIAH TRY NOVIANA. 2017. Penggunaan Metode Cantol Roudhoh dalam meningkatkan kemampuan membaca pada murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi ini Dibimbing oleh Drs.Andi Budiman, M.Kes dan Dr.Usman, M.Si. ,Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian adalah Rendahnya kemampuan membaca anak tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLBN Somba Opu Kab.Gowa melalui penggunaan metode Cantol Roudhoh ?”. Tujuan penelitian ini adalah a) untuk mengetahui kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLBN Somba Opu Kab.Gowa sebelum penggunaan Cantol Roudhoh, b) untuk mengetahui kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLBN Somba Opu Kab.Gowa setelah penggunaan Cantol Roudhoh, c) untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLBN Somba Opu Kab.Gowa dalam penggunaan Cantol Roudhoh. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian 2 orang murid tunagrahita ringan kelas dasar III SLBN Sombaopu Kab.Gowa. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan membaca pada murid Tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa sebelum menggunakan Metode Cantol Roudhoh menunjukkan kategori kurang mampu. 2) Kemampuan membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri Somba Opu Kabupate n Gowa sesudah menggunakan Metode Cantol Roudhoh menunjukkan kategori mampu, 3) terdapat peningkatan kemampuan membaca murid Tunagrahita ringan kelas dasar III Di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa.