PENERAPAN FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK TUNADAKSA KELAS DASAR II DI SD INPRES MACCINI BARU MAKASSAR

Main Author: RIZKHA AMALIYAH DG. PAWATA
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/22203/1/SAMPUL%201.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/2/sampul%202.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/3/IMG_20180118_0012.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/4/IMG_20180118_0011.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/5/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/35/MOTTO%20DAN%20PERUNTUKKAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/6/Abstrak.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/7/PRAKATA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/8/DAFTAR%20ISI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/9/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/10/DAFTAR%20GRAFIK.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/11/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/12/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/13/BAB%20I%20PENDAHULUAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/14/BAB%20II%20KAJIAN%20TEORI%20DAN%20KERANGKA%20PIKIR.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/15/BAB%20III%20METODE%20PENELITIAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/16/BAB%20IV%20HASIL%20PENELITIAN%20DAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/17/BAB%20V%20KESIMPULAN%20DAN%20SARAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/36/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/28/INSTRUMEN%20PENELITIAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/29/DOKUMENTASI%20PENELITIAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/30/IMG_20180118_0009.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/31/IMG_20180118_0010.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/32/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/33/sampul%20jurnal.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/34/RIZKHA%20jurnal.pdf
http://eprints.unm.ac.id/22203/
Daftar Isi:
  • RIZKHA AMALIYAH DG.PAWATA, 2018. Penerapan Finger Painting Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak Tunadaksa Kelas Dasar II Di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Skripsi dibimbing oleh Drs. H. Syamsuddin, M.Si dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang anak tunadaksa yang mengalami kekurang mampuan dalam menulis permulaan dengan baik di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan finger painting pada anak tunadaksa di SD Inpres Maccini Baru Makassar (2) bagaimanakah kemampuan menulis permulaan anak tunadaksa pada kondisi baseline 1 (A1), intrevensi (B) dan baseline 2 (A2) di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) penerapan finger painting (2) kemampuan menulis anak tunadaksa pada baseline 1 (A1), intervensi (B) dan baseline 2 (A2). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan metode penelitian subjek tunggal atau (single subject research), yaitu penelitian yang dilakukan pada satu orang saja sebagai subjek penelitiannya. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak tunadaksa kelas II di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Tehnik analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Penerapan finger painting yang dilakukan sebanyak 8 kali menunjukkan bahwa finger painting dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak tunadaksa kelas dasar II DI SD Inpres Maccini Baru Makassar. Penerapan finger painting juga memberikan pengaruh pada kemampuan menulis anak tunadaksa hal ini dtunjukkan dengan perolehan skor yang diperoleh anak meningkat disetiap kondisi baik Baseline 1 (A1) yaitu 12-13, Intervensi (B) yaitu 12-15, dan Baseline 2 (A2) 14-15