PENGGUNAAN MEDIA STICK HURUF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB C YPPLB MAKASSAR
Daftar Isi:
- Winda Citra Natalia (2017) Penggunaan Media Stick Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Murid Tunagrahita Ringan kelas III di SLB C YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Mufa’adi, M. Si dan Dr. Usman, M. Si Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan pada murid Tunagrahita kelas III yang terjadi di SLB C YPPLB Makassar, dimana terdapat murid tunagrahita ringan yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB C YPPLB Makassar melalui penggunaan Media Stick Huruf?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB C YPPLB Makassar melalui Penggunaan Media Stick Huruf.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB C YPPLB Makassar yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data adalah tes perbuatan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan huruf, suku kata dan kata pada subjek penelitian sebelum penggunaan Media Stick Huruf berada dalam kategori rendah. Sedangkan setelah pengunaan Media Stick Huruf hasil kemampuan membaca permulaan huruf, suku kata dan kata pada subjek berada dalam kategori tinggi. Artinya ada peningkatan kemampuan membaca permulaan huruf suku kata dan kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB C YPPLB Makassar melalui penggunaan Media Stick Huruf