PENERAPAN METODE ALPHABET 8S DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF PADA ANAK AUTIS KELAS PERSIAPAN DI SLB NEGERI PAREPARE
Daftar Isi:
- WAHYU HARDIANI, 2017. “Penerapan Metode Alphabet 8s Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Pada Anak Autis Kelas Persiapan Di SLB Negeri Parepare” Skripsi. Dibimbing oleh Dra Tatiana Meidina, M.Si dan Drs Andi Budiman M.Kes .Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang anak autis yang mengalami kekurangmampuan dalam menulis huruf dengan baik di SLB Negeri Parepare. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan metode Alphabet 8s dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf pada anak Autis di SLB Negeri Parepare ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode alphabet 8s dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf pada anak Autis di SLB Negeri Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian dengan subjek tunggal (single subject research) , yaitu penelitian yang dilakukan pada satu orang saja sebagai subjek penelitiannya. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah seorang anak autis kelas persiapan di SLB Negeri Parepare. Tehnik analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; kemampuan menulis anak sebelum penerapan metode Alphabet 8s berada pada kategori kurang baik kemudian selama pembelajaran melalui penerapan metode Alphabet 8s menunjukkan peningkatan dan setelah penerapan metode Alphabet 8s, terjadi peningkatan kemampuan menulis huruf pada anak autis kelas persiapan di SLB Negeri Parepare yaitu berada pada kategori baik . Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan metode Alphabet 8s dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf pada anak autis kelas persiapan di SLB Negeri Parepare.