PENERAPAN MEDIA DRESSING FRAME UNTUK MENINGKATKAN BINA DIRI SISWA AUTIS DI KELAS PERSIAPAN SLB NEGERI PAREPARE
Main Author: | NUR AFIAH HASBULLAH |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/22171/1/SKRIPSI%20NUR%20AFIAH%20HASBULLAH.pdf http://eprints.unm.ac.id/22171/2/JURNAL%20NUR%20AFIAH%20HASBULLAH.pdf http://eprints.unm.ac.id/22171/ |
Daftar Isi:
- NUR AFIAH HASBULLAH, 2017. Penerapan Media Dressing Frame Untuk Meningkatkan Bina Diri Siswa Autis Kelas Persiapan Di SLB Negeri Parepare. Skripsi. Dibimbing oleh Drs.Andi Budiman, M.Kes dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya bina diri siswa dalam hal ini kemampuan mengancing dan melepas kancing baju pada siswa autis kelas Persiapan di SLB Negeri Parepare. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan media dressing frame dapat meningkatkan kemampuan bina diri pada siswa autis kelas Persiapan di SLB Negeri Parepare?. Berdasarkan pada masalah, maka tujuan penelitian ini adalah : untuk membuktikan apakah media dressing frame dapat meningkatkan kemampuan bina diri pada siswa autis kelas Persiapan di SLB Negeri Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen subjek tunggal atau lebih dikenal dengan istilah Single Subject Reseacrh (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian adalah satu orang siswa autis kelas Persiapan di SLB Negeri Parepare. Teknik pengumpulan data melalui tes perbuatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa autis kelas Persiapan di SLB Negeri Parepare pada fase baseline 1 belum mencapai target keberhasilan. Fase intervensi dengan menggunakan media dressing frame menunjukkan hasil yang baik, hal ini di tunjukkan dengan meningkatnya mean level, kecenderungan arah yang positif. Fase baseline 2 pembelajaran bina diri mengancing dan melepas kancing baju tanpa diberikan intervensi (perlakuan), menunjukkan hasil yang sangat baik dan tercapainya target keberhasilan dengan meningkatnya mean level, kecenderungan arah yang positif dan dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan media dressing frame dapat meningkatkan kemampuan bina diri siswa autis kelas Persiapan di SLB Negeri Parepare